Apa itu Plantar Fasciitis, Bagaimana Mengatasinya?

October 05, 2020 | Iman

Nyeri telapak kaki

Anda mungkin pernah mengalami nyeri pada bagian tumit ke telapak kaki, jika iya itu adalah gejala plantar fasciitis. Plantar fasciitis adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh peningkatan jarak tempuh atau olahraga yang drastic secara tiba-tiba.

Rasa nyeri ini juga bisa disebabkan struktur kaki yang buruk atau sepatu tidak sesuai yang dapat membebani plantar fascia (jaringan ikat yang membentang dari tumit ke pangkal jari kaki). 

“Penderita plantar fasciitis biasanya merasakan tusukan tajam atau sakit yang dalam di tumit atau di sepanjang lengkungan kaki,” kata seorang dokter olahraga dari New York, Jordan Metzl.

Tanda lain dari kondisi ini adalah serasa pincang pagi dalam posisi berkontraksi semalaman. Mengambil langkah pertama dari tempat tidur menyebabkan ketegangan tiba-tiba pada bagian bawah kaki Anda, yang mengakibatkan nyeri pada tumit atau lengkungan Anda. Rasa sakit bisa kambuh setelah lama duduk. Gejala yang paling menyakitkan adalah rasa sakit yang dialami saat berlari.

Nyeri tumit yang berhubungan dengan plantar fasciitis cenderung menyerang saat mencoba menaikan porsi latihan. Menurut Metzl, ketika Anda menaikan daya otot, kondisi itu menarik plantar fascia dan menyebabkan banyak rasa sakit.

Kondisi plantar fasciitis juga dapat disebabkan oleh masalah biomekanik, termasuk kaki rata dengan lengkungan tinggi atau pronasi berlebihan. Peningkatan jarak tempuh dan kecepatan tiba-tiba, hingga kebiasan mengenakan sepatu yang sudah tidak nyaman dipakai.

Plantar fasciitis bisa menjadi masalah yang mengganggu dan semakin parah jika terlambat diatasi. Plantar fasciitis bisa terasa nyeri berbulan-bulan karena respon penyembuhannya proporsional dengan aliran darah. Ketika sesuatu memiliki suplai darah yang baik seperti otot, itu sembuh dengan cepat, tapi plantar fascia pada dasarnya tidak memiliki suplai darah sehingga butuh waktu lebih lama untuk sembuh.

YesDok Ads

Para ahli termasuk Metzl merekomendasikan untuk memasukkan kaki Anda ke dalam ember es. Selain itu Anda juga dapat memijat kaki dengan bola kecil seperti tenis. Jika nyeri muncul selama lebih dari tiga minggu, segera ahli medis tentang masalah tersebut.

Untuk mencegah plantar fasciitis, larilah di permukaan yang lembut, jangan tambah beban latihan kalau perlu kurangi hingga 10 persen. Gunakan juga sepatu olahraga yang sesuai dengan gaya kaki Anda.

Cobalah memperkuat otot di bagian tengah kaki Anda dengan latihan tanpa alas kaki dan bereksperimen dengan gaya lari Anda dengan memperpendek langkah Anda dan mempercepat irama berlari.

Penting juga untuk peregangan sebelum olahraga, dan pendinginan sesudahnya. “Meskipun merasakan nyeri hanya dengan satu kaki, pijat dan regangkan kedua kaki merupakan hal yang biasa. Lakukan hal pertama di pagi hari dan tiga kali di siang hari,” Metzl menambahkan.

 

(Foto: pixabay)

YesDok Ads