Apa Itu Penyakit Kuning? Ini Penyebab dan Faktor Risikonya

October 27, 2022 | Claudia

Penyakit Kuning

Bagian putih dari mata atau sklera bisa menguning jika suatu senyawa yang disebut bilirubin, terakumulasi dalam darah. Kondisi ini juga sering disebut dengan penyakit kuning.

Penyakit kuning adalah kondisi menguningnya kulit, bagian putih pada mata, juga membran mukosa hidung dan mulut akibat adanya penumpukan bilirubin di dalam darah dan jaringan tubuh lain.

Bilirubin terbentuk ketika hemoglobin terurai akibat proses pembaruan sel darah merah yang sudah tua atau telah rusak. Setelah terbentuk, zat ini bisa masuk ke pembuluh darah dan dibawa ke hati. Bilirubin kemudian bercampur dengan empedu, setelah tercampur, keduanya dipindahkan ke saluran pencernaan melalui saluran empedu sebelum akhirnya dibuang ke luar bersama urine dan tinja.

Jika proses ini mengalami gangguan, sehingga bilirubin terlambat masuk ke hati atau saluran empedu, maka bilirubin akan menumpuk di dalam darah dan mengendap di kulit. Kondisi inilah yang menjadi penyebab penyakit kuning, dan kulit atau bagian putih Anda menjadi menguning.

Cara terbaik untuk mengatasi penyakit kuning ini adalah dengan mengobati penyebab yang mendasari. Ketika penyakit kuning disebabkan oleh infeksi seperti hepatitis C atau malaria, maka seseorang perlu minum antibiotik, antijamur, atau antivirus, sesuai dengan yang sudah diresepkan oleh dokter.

YesDok Ads

Namun jika penyakit kuning disebabkan oleh konsumsi alkohol atau pemakaian narkoba, maka seseorang yang menderita penyakit kuning harus mengurangi kebiasaan buruk ini. Menjalani rehabilitasi untuk lepas dari kecanduan alkohol atau narkoba diperlukan, sehingga memastikan tubuh Anda tetap sehat dan Anda terhindar dari banyak penyakit.

Diet yang salah atau kebiasaan makan yang buruk juga bisa menjadi penyebab dari penyakit kuning. Jika diet yang menjadi alasan munculnya penyakit ini, maka Anda harus makan lebih banyak buah, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak.

Penyakit kuning juga bisa disebabkan oleh kerusakan organ, terkadang juga bisa disebabkan oleh anemia, luka, sirosis dan kanker. Penyakit ini sangat umum terjadi pada bayi yang baru lahir, dan hanya sekitar 1 dari 20 bayi yang mengalami penyakit kuning yang memerlukan perawatan medis.

Jika penyakit kuning terjadi pada orang dewasa, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter untuk mendapati perawatan medis terbaik.

(Foto: beaumonteh.com)

YesDok Ads