0 Point
Liliatis konjungtiva

Apa Itu Liliatis Konjungtiva dan Penyebabnya?

Liliatis konjungtiva merupakan kondisi dimana ketidaknormalan bagian tubuh jadi berwarna kuning memutih yang umumnya ditemukan pada permukaan kelopak mata. Kondisi ini sangat rentan terjadi pada orang lansia yang memiliki inflamasi kronis. 

Konkresi ini biasanya bersifat asimtomatik ketika kondisinya masih dalam skala kecil namun ketika kondisi memperparah, hal tersebut bisa menimbulkan gejala. 

Gejala

Menurut artikel lansiran dari American International Medical University,  gejalanya umumnya tetap tersembunyi ke dalam konjungtiva palpebral sehingga sulit bagi pengidapnya untuk memerhatikannya hingga mereka menjadi besar dan menonjol melalui jaringan palpebral.

Konkresi tersebut juga dapat mengiritasi mata dan menimbulkan gejala seperti

  • Kemerahan
  • Sensasi masuknya benda asing
  • Sensasi tidak nyaman
  • Iritasi

Penyebab

Salah satu penyebab utama dari liliatis konjungtiva dapat bervariasi satu dengan lainnya namun banyak kasus yang paling umum dikaitkan dengan penuaan dan peradangan kronis.

Konkresi bisa terbentuk akibat akumulasi sel-sel epitel (jaringan pelindung) dan lendir mengental yang disebut dengan kelenjar henle. 

Pengobatan

Diagnosis untuk kondisi ini umumnya seringkali mendadak dimana pasien memiliki gejala asimtomatik dan konjungtiva terlihat setelah pemeriksaan mata.

Beberapa pasien juga menunjukkan iritasi dan masuknya sensasi benda asing di area mata. 

Menurut Eye Wiki, pengobatan Liliatis konjungtiva biasanya tidak diperlukan karena konkresi tidak menunjukkan gejala tertentu. Jika Anda kerap merasakan sensasi benda asing atau terasa mata Anda seolah-olah ada yang mengganjal dan iritasi tidak kunjung membaik, operasi mungkin diperlukan. 

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok