0 Point
Suplemen vitamin B-12

Apa Efek Suplemen Vitamin terhadap Sembelit?

Saat sembelit, meningkatkan asupan makanan yang kaya serat atau mengonsumsi obat pencahar bisa dilakukan. Akan tetapi, beberapa orang memilih untuk mengonsumsi suplemen vitamin untuk mengatasi sembelit.

Berikut ini merupakan beberapa vitamin dan efeknya terhadap kesehatan pencernaan:

Vitamin C

Studi di tahun 2008 memerhatikan bahwa anak-anak dengan konstipasi memiliki kadar vitamin C, folat, dan magnesium yang rendah. Anak-anak ini juga kurang mengonsumsi serat makanan, buah-buahan, dan makanan nabati. Kurangnya konsumsi serat dapat menyebabkan konstipasi. Buah-buahan dan sayuran yang tinggi serat sering kali juga tinggi vitamin C.

Akan tetapi, kelebihan vitamin C dapat menyebabkan sakit perut, mual, muntah, dan diare. Semakin besar dosisnya, semakin besar juga kemungkinan seseorang mengalami gejala-gejala ini. Dokter tidak menyarankan seseorang mengonsumsi vitamin C dosis tinggi untuk membantu mereka yang mengalami sembelit. Akan tetapi, asupan vitamin C  yang sesuai kebutuhan harian bisa membantu.

Vitamin D

Riset di tahun 2019 menemukan hubungan yang kuat antara sembelit kronis dan kekurangan vitamin D. partisipan dengan gangguan usus yang menyebabkan sembelit memiliki kadar vitamin D yang rendah dalam tubuhnya. Temuan ini memang tidak menunjukkan bahwa peningkatan vitamin D bisa meredakan sembelit, namun, kadar vitamin D yang rendah bisa menjadi akibat dari kondisi sembelit yang kronis.

Vitamin B-12

Seseorang yang kekurangan vitamin B-12 mungkin akan mengalami:

  • Sembelit
  • Kelelahan ekstrem
  • Tubuh menjadi lemah
  • Kehilangan selera makan
  • Penurunan berat badan

Mengatasi kekurangan vitamin B-12 mungkin bisa membantu meredakan gejala bagi mereka yang mengalami defisiensi vitamin B-12.

(Foto: healthifyme.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok