Diet
+1

Apa Bahaya Minuman Ringan Jika Dikonsumsi Setiap Hari?

April 11, 2023 | Claudia

Bahaya Minuman Ringan

Minuman ringan memang terasa nikmat saat dikonsumsi, apalagi di tengah cuaca terik yang menusuk. Rasa manis dan segar yang diberikan oleh minuman ringan kerap kali membuat kita tak sadar, bahwa kita sudah meminumnya terlalu sering. Apa bahaya minuman ringan jika dikonsumsi terlalu sering atau bahkan setiap hari?

Minuman ringan mengandung banyak sekali gula. Gula yang digunakan pun bukan gula alami, kebanyakan minuman dalam kemasan menggunakan pemanis buatan seperti sukrosa atau sirup jagung tinggi fruktosa. Saat masuk ke dalam tubuh, gula ini akan diubah menjadi kalori, terbayang kan berapa banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh saat Anda sudah terlalu sering mengonsumsi minuman ini.

Oleh karena itu, tidak disarankan bagi Anda mengonsumsi minuman ringan terlalu banyak dan terlalu sering. Hal ini bisa mengakibatkan tubuh Anda rentan mengalami diabetes, obesitas, penyakit jantung, penyakit ginjal, gangguan tiroid dan sejumlah penyakit lainnya

Namun tak bisa dipungkiri, kadang dahaga yang Anda rasakan juga ingin dipuaskan oleh rasa manis dari minuman dalam kemasan. Lalu, berapa batas aman dalam mengonsumsi minuman ini?

Untuk menjawabnya, Anda harus mengetahui dulu, berapa batas konsumsi gula yang wajar dalam sehari. Untuk orang dewasa, sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi gula lebih dari 50 gram setiap harinya, sementara anak-anak hanya boleh mengonsumsi 12-25 gram gula setiap hari.

Sementara itu, sekaleng minuman ringan biasanya mengandung gula hingga 17 gram. Belum lagi jika ditotal dengan makanan-makanan lain yang masuk ke dalam tubuh yang juga mengandung gula, seperti nasi. Bisa dibayangkan bukan, berapa banyak asupan gula yang masuk ke dalam tubuh Anda dalam sehari? Jika sudah berlebihan, tentu akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan Anda.

Sulit memang untuk benar-benar menghindari minuman ringan, namun setidaknya, Anda harus mengurangi asupannya. Mengonsumsi minuman ringan satu kali dalam sehari saja tidak disarankan, mengingat kandungan tinggi gula di dalamnya. Batasilah konsumsi minuman ringan hanya sebanyak 2 kali dalam seminggu. Ini juga dapat memberikan kesempatan bagi tubuh untuk mencerna dan mengolah minuman sampai tuntas.

Menjaga pola makan sehat, rutin berolahraga, mengendalikan berat badan tetap di angka yang sehat, serta istirahat yang cukup juga senantiasa harus dijalankan. 

Pelan-pelan, tiap kali Anda mengidamkan minuman ringan, cobalah untuk segera memuaskannya dengan air putih. Anda boleh saja meminum air putih dingin agar kesegaran yang didapat tak kalah dengan meminum minuman ringan. Jika ini secara konsisten Anda jalani, maka Anda pun bisa keluar dari jerat candu bahaya minuman ringan.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: foodbeverageinsider.com)

YesDok Ads