Diet
+1

Anti Lapar, Ini Panduan Jam Makan Saat Diet

December 03, 2022 | Aqiyu

Jam Makan Saat Diet

Sampai saat ini tidak sedikit orang yang berpikir bahwa diet itu hanya boleh makan sekali saja dalam sehari untuk menurunkan badan dengan cepat. Hal ini tentu salah dan tidak dibenarkan. Diet memang mengontrol pola makan dan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Tetapi Anda tetap diperbolehkan makan secara normal tanpa menyiksa diri. Berikut ini panduan jam makan saat diet yang harus diperhatikan.

Mengikuti jam makan yang tepat dan benar tidak akan membuat Anda merasa  kelaparan saat diet. Jam makan yang berantakan saat diet juga dapat memengaruhi hasil diet Anda bahkan bikin gagal diet. Karena makan tanpa mengikuti jam biologis tubuh dapat membuat proses metabolism pun ikut berantakan. Inilah alasan kenapa mengatur waktu makan saat diet itu sangat penting. Berikut ini panduan jam makan saat diet supaya tidak mudah lapar:

  • Sarapan pukul 6-9.45 pagi dengan mengonsumsi makanan tinggi protein yang ampuh mencegah terjadinya penumpukan lemak. Sarapan di jam ini juga dapat mencegah rasa lapar seharian.
  • Anda dapat mengonsumsi camilan pagi 2-4 jam setelah sarapan. Pastikan Anda mengonsumsi camilan sehat seperti buah-buahan.
  • Makan siang pukul 11-12 siang adalah jam makan yang normal dilakukan oleh semua orang, Pilihlah menu makan siang yang padat serat dan protein bisa membuat Anda kenyang lebih lama.
  • Camilan siang 2-4 jam setelah makan siang. Rentang waktu ini adalah waktu yang tepat untuk ngemil agar Anda tidak kalap saat makan malam. Pilihlah camilan yang mengandung tinggi serat.
  • Makan malam pukul 4-5 sore ini bisa Anda jadikan kebiasaan makan sebelum jam 7 agar dapat memberi jeda dengan waktu tidur.

Anda disarankan untuk membatasi jam makan malam maksimal sampai jam 7 malam. Karena saat mendekati jam tidur, melatonin akan kembali meningkat sehingga makan pada waktu ini dapat menyebabkan pembentukan lemak. Jika makan tanpa aturan, lemak dalam tubuh bisa menumpuk sehingga berat badan menjadi susah turun dan memicu timbulnya gangguan kesehatan lainnya. Berikut adalah jam makan saat diet yang haris diperhatikan agar diet berhasil dan tidak mudah lapar.

YesDok Ads

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: women health)

YesDok Ads