Anda Kerap Mendengkur, Apa Sebabnya?

June 26, 2019 | Claudia

Apakah Anda kerap mendengkur saat tertidur? Coba tanya pasangan Anda, jangan-jangan selama ini ia selalu terganggu oleh suara dengkuran Anda.

Dengkuran merupakan salah satu kebiasaan yang dialami seseorang saat ia tertidur. Dengkuran terjadi ketika ada getaran dari aliran udara yang tersumbat sebagian ketika melalui saluran pernapasan. Getaran ini yang kemudian menimbulkan suara keras atau halus yang kita sebut sebagai dengkuran.

Tanpa disadari, hal-hal ini mungkin Anda lakukan atau Anda miliki, sehingga bisa membuat Anda mendengkur setiap malam. Apa saja?

Hidung tersumbat

Saat Anda sulit bernapas melalui hidung, maka sudah dipastikan Anda akan mendengkur saat tertidur. Misalnya saat flu, pilek atau alergi yang mana mengharuskan Anda bernapas melalui mulut. Obat-obatan yang terjual bebas mungkin dapat membantu Anda mengatasi hidung tersumbat, namun ada baiknya juga mengonsultasikan ini ke dokter jika dengkuran dan hidung tersumbat sudah sangat mengganggu.

YesDok Ads

Tidur telentang

Ternyata, tidur dalam posisi telentang akan menyebabkan Anda mendengkur. Tidur menghadap sisi kanan atau kiri sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin menghindari dengkuran. Anda juga bisa mencoba tidur dengan dua atau tiga tumpuk bantal sehingga menghindari posisi telentang.

Bentuk hidung

Jika dinding tipis di antara lubang hidung Anda tidak terbentuk dengan sempurna, maka akan menghasilkan satu sisi yang lebih kecil dari yang lain. Hal ini dapat membuat Anda sulit bernapas dan pada akhirnya mengakibatkan dengkuran saat tidur. Hal yang sama juga dapat terjadi jika hidung Anda terluka pasca kecelakaan. Konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

(Foto: today.com)

YesDok Ads