Amankah Terapi Akupunktur Untuk Orang Tua?

August 27, 2020 | Iman

Akupunktur

Akupunktur merupakan terapi menggunakan jarum pada lokasi titik akupunktur untuk mengatasi berbagai keluhan dan terapi ini sudah dilakukan sejak 5.000 tahun silam untuk mengatasi keluhan penyakit. 

Dulu, terapi akupunktur dilakukan oleh ahli akupunktur (sinshe) yang di pelajari secara turun temurun dan berdasarkan pengalaman. Ilmu akupunktur saat ini di Indonesia telah dimasukkan dalam ilmu kedokteran fisik dan dipelajari secara medis, dokter yang mempelajarinya disebut dokter spesialis akupunktur.

Geriatri adalah orang tua yang mengalami kondisi medis, sedangkan lansia adalah orang yang berusia 60 tahun keatas. Orang tua sering sekali mengalami keluhan disebabkan karena usia tuanya dan kondisi fisik yang mengalami keausan (degeneratif), Kondisi ini tidak mungkin dihilangkan namun bisa dikurangi dengan obat dan terapi. 

Oleh karena nya kebanyakan orang tua mengonsumsi banyak obat untuk mengatasi keluhannya. Nah akupunktur bisa menjadi salah satu pilihan terapi yang dilakukan untuk mengatasi keluhan yang dialami.

Terapi Akupunktur Untuk Orang Tua

YesDok Ads

Terapi akupunktur untuk orang tua dapat membantu keluhan tidak nafsu makan. Pada banyak orang tua yang memiliki pola makan yang kurang, biasanya disebabkan oleh kecenderungan orang tua yang sangat sensitif. 

Maka tak jarang mereka mengalami stress dengan lebih mudah. Pada kondisi ini, terapi akupunktur  untuk orang tua dapat membantu menambah nafsu makan. Selain itu, terapi akupunktur untuk orang tua juga dapat menangani keluhan susah tidur yang dialami. 

Terapi akupunktur dapat menstimulasi hormon endorphin (morfin endogen) yang menimbulkan rasa mengantuk dan juga meningkatkan kadar serotonin dalam darah yang berperan dalam proses tidur.

Terapi akupunktur untuk orang tua sudah banyak dilakukan pada pasien-pasien dengan usia tua. Sampai saat ini belum ditemukan efek yang buruk dalam terapi ini selama dilakukan dengan baik oleh dokter ahli akupunktur.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads