Amankah Mengonsumsi Biji Kopi?

October 20, 2019 | Iman

Setiap tahun, Hari Kopi Internasional dirayakan pada 1 Oktober. Minum Kopi kini sudah menjadi gaya hidup kaum urban, selain rasanya yang menggugah selera, kopi banyak dicari sebagai teman untuk bersantai di pagi atau sore hari.

Namun, saat ini tidak hanya kopi yang sudah diracik atau diseduh yang bisa dikonsumsi, biji kopi pun bisa dikonsumsi secara langsung. Biji kopi adalah biji dari tanaman kopi dan sering juga disebut kacang karena kemiripannya dengan kacang-kacangan. Biji kopi biasanya dikeringkan, dipanggang, atau diseduh untuk membuat kopi.

Minum kopi telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti penurunan berat badan, pengurangan risiko diabetes tipe 2, mencegah timbulnya penyakit hati dan lainnya. Namun, apakah Anda bertanya-tanya akan manfaat dari biji kopi? Atau apakah biji kopi aman untuk dikonsumsi?

Apakah Aman Mengkonsumsi Biji Kopi? Ya, ternyata aman-aman saja untuk memakan biji kopi. Tapi, hanya secukupnya saja. Makan atau mengunyah biji kopi memungkinkan kafein memasuki tubuh Anda secara langsung karena ada proses penyerapan kafein dengan cepat melalui selaput mulut Anda.

Biji kopi yang dipanggang cocok untuk dikonsumsi langsung karena proses pemanggangan mengurangi jumlah senyawa yang disebut asam klorogenik. Oleh karena itu, kopi panggang normal yang kita konsumsi memiliki jumlah asam klorogenat yang lebih sedikit.

Sebuah penelitian menegaskan bahwa mengonsumsi biji kopi dinyatakan memiliki manfaat yang sama dengan minum kopi dan Berikut adalah manfaat mengonsumsi biji kopi seperti dilansir laman Boldsky.

YesDok Ads

1.Kaya akan Antioksidan

Biji Kopi mengandung banyak antioksidan kuat, dan kaya akan asam klorogenat yang termasuk dalam keluarga polifenol yang dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

2. Dapat mengurangi risiko diabetes

Kehadiran kandungan asam klorogenat dalam biji kopi sangat erat kaitannya dengan mengurang hal ini dimana jika mengonsumsi secukupnya terbatas dapat membantu mengurangi risiko diabetes.

Sementara itu, terlalu banyak mengonsumsi biji kopi dapat menyebabkan hal-hal berikut seperti Gejala kecemasan yang meningkat, jantung berdebar, mual, dan perasaan stres. Wanita hamil juga harus menghindarinya karena dapat menimbulkan risiko masalah kehamilan, seperti keguguran, berat lahir rendah, dan persalinan dini. Secara keseluruhan, biji kopi baik untuk kesehatan Anda, tetapi pastikan Anda memakannya secukupnya saja.

(Foto : healthline)

YesDok Ads