Amankah Bila Mengonsumsi Telur Setiap Hari?

May 19, 2021 | Helmi

telur

Telur dianggap sebagai makanan yang sehat dan memudahkan. Dikarenakan telur dapat diolah dengan berbagai cara untuk menjadikannya makanan yang lezat.

Beberapa orang makan satu atau dua telur per hari, karena dianggap makanan padat nutrisi. Di sisi lain, beberapa resep sehat membutuhkan putih telur atau mengganti telur sepenuhnya. 

Hal ini secara alami menimbulkan kebingungan: Apakah telur itu sehat, dan dapatkah Anda memakannya setiap hari, atau haruskah dihindari?

"Banyak orang bingung dengan telur karena kami melihat begitu banyak informasi yang saling bertentangan di luar sana," kata Kylie Sakaida, ahli diet terdaftar. "Banyak yang berasal dari fakta bahwa lebih dari satu dekade yang lalu ahli gizi dan profesional kesehatan merekomendasikan orang untuk menjauhi telur."

Sebelum 2015, para peneliti tidak memahami hubungan antara kolesterol makanan dan penyakit kardiovaskular. Diperkirakan bahwa makanan dengan kolesterol tinggi akan meningkatkan kadar kolesterol darah dan kemudian meningkatkan kemungkinan Anda terkena penyakit kardiovaskular.

Karena itu, pedoman diet menetapkan batas kolesterol makanan pada 300 mg per hari. Karena telur memiliki 185 mg kolesterol, orang-orang diminta untuk menjauhinya.

Namun, pada 2015, Dietary Guidelines for American mengatakan tidak ada bukti bahwa kolesterol makanan adalah kontributor langsung peningkatan kadar kolesterol darah.

YesDok Ads

"Dianjurkan untuk memerhatikan lemak jenuh, lemak trans, dan gula tambahan, yang tampaknya lebih berperan dalam penyakit jantung," ujar Rachael Hartley, ahli diet terdaftar lainnya

Artinya Anda harus memerhatikan makanan yang biasanya Anda makan dengan telur, seperti bacon atau sosis, yang tinggi lemak yang dapat merusak kesehatan Anda secara keseluruhan.

Yang terpenting, telur adalah sumber protein yang bagus, yang dapat membantu membangun otot tanpa lemak, membantu pertumbuhan sel, dan membantu Anda kenyang lebih lama.

"Tidak hanya itu akan menjadi sumber protein yang baik, tapi juga bisa tinggi nutrisi tertentu," kata Sakaida. "Ia memiliki nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda."

Telur juga mengandung "dosis padat vitamin D, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, seng, dan kolin. Baik Sakaida dan Hartley setuju bahwa meskipun itu tergantung pada tujuan dan kesehatan orang tertentu, orang tidak boleh takut untuk makan telur secara teratur.

"Jika Anda menikmatinya, tidak apa-apa untuk makan telur setiap hari," kata Hartley. "Mereka adalah makanan pokok yang ramah anggaran dan serbaguna."

YesDok Ads