Amakah Menggunakan Toilet Umum Selama Pandemi?

July 01, 2020 | Iman

Toilet umum

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) perlahan mulai dikendurkan. Geliat perekonomian mulai dihidupkan, aktivitas publik di beberapa tempat berangsur mulai dibuka dengan protokoler kesehatan.

Kondisi ini juga berarti Anda mungkin harus menggunakan toilet umum ketika Anda mendapat panggilan alami. Meskipun di beberapa tempat mungkin toilet umum sudah menerapkan standar kesehatan, selalu saja timbul kekhawatiran. Lantas apakah toilet umum aman saat pandemi?

Sebuah penelitian mengatakan bahwa ketika Anda menyiram toilet, itu dapat menciptakan awan tetesan aerosol yang mencapai ketinggian sekitar tiga kaki. Ini menjadi masalah karena tetesan tersebut dapat tinggal di udara lebih lama dari yang dapat Anda bayangkan, lalu pengguna toilet berikutnya dapat menghirupnya ketika memasuki area tersebut. Jika tetesan-tetesan ini membawa partikel virus yang menular, itu dapat meningkatkan risiko penyebaran virus. 

Para peneliti tersebut menemukan bahwa ketika air mengalir ke lubang WC menciptakan pusaran dan menyebabkan gangguan pada aliran udara. Oleh karenanya dapat menyebabkan gaya sentrifugal yang mendorong banyak tetesan kecil dan partikel aerosol ke udara.

YesDok Ads

Coronavirus lebih cenderung melekat pada sel-sel di paru-paru dan saluran pernapasan bagian atas, tetapi juga dapat menargetkan usus kecil yang pada akhirnya menyebabkan gejala lain seperti mual, muntah, diare bersamaan dengan gejala lainnya. Belum ada penelitian yang membahas tentang bagaimana infeksi virus di aerosol atau melihat aerosol toilet dalam situasi nyata.

Disarankan untuk menutup tutup toilet sebelum menyiram untuk melindungi pengguna berikutnya menggunakan toilet, begitu juga setelahnya. Akan selalu ada risiko untuk menggunakan ruang publik, tetapi Anda harus setiap saat menjaga kebersihan dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk aman dan menjaga orang lain aman. 

Anda bahkan dapat membawa sanitizer pribadi jika Anda tahu Anda akan sering bepergian atau keluar rumah lebih lama. Jangan melangkah ke satu ruang publik tanpa masker, terutama toilet umum.

(Foto: Forbes)

YesDok Ads