0 Point
alopecia areata

Alopecia Areata, Gangguan Autoimun Bikin Rambut Rontok

Panggung Oscar 2022 yang dihelat pada Minggu (27/3) diwarnai drama tidak terduga. Dimana Will Smith tiba-tiba ke panggung menampar komedian Chris Rock. Hal ini dipicu oleh candaan Chris Rock yang menyinggung Jada Pinkett Smith, istri Will Smith. Diketahui Jada baru saja mencukur habis rambutnya karena tengah berjuang melawan penyakit alopecia areata.

Alopecia merupakan istilah medis untuk kerontokan rambut, sedangkan alopecia areata adalah salah satu jenisnya. Alopecia areata merupakan penyakit autoimun, sehingga sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat pada tubuh termasuk folikel rambut. Tingkat kerontokan rambut bervariasi, dalam beberapa kasus ada yang terjadi hanya di beberapa tempat saja. Namun ada pula kerontokan rambut yang lebih banyak hingga mengalami kebotakan. Tak hanya menyerang kepala, alopecia juga dapat memengaruhi rambut yang ada di alis, bulu mata dan janggut.

Faktor penyebab munculnya alopecia areata adalah susunan genetik dan disertai dengan virus dan zat yang bersentuhan dengan orang tersebut. Alopecia areata bisa meningkat pada seseorang yang memiliki riwayat penyakit yang sama dengan anggota keluarga lainnya. Faktor pertambahan usia, penyakit autoimun lainnya (lupus, diabetes tipe 1 atau rheumatoid arthritis), memiliki bentuk, tekstur, warna hingga ketebalan kuku yang tidak normal dan adanya masalah psikologis seperti stres atau depresi.

Ciri-ciri dari penyakit alopecia areata sebagai berikut:

  • Ketika berada dalam cuaca dingin rambut dapat rontok lebih banyak.
  • Dapat mengalami kerontokan da kehilangan rambut dalam waktu yang singkat.
  • Kuku jari tangan ataupun kaki menjadi lebih rapuh dari sebelumnya dan terlihat kemerahan.
  • Selain kepala, bagian tubuh lainnya yang ditumbuhi rambut akan mengalami kebotakan kecil.
  • Sebelum mengalami kerontokan, bagian kulit akan mengalami gatal, kesemutan hingga sensasi kebakar.

Alopecia areata bisa terjadi pada laki-laki maupun wanita. Biasanya penyakit ini terjadi sebelum usia 30 tahun. Umumnya, rambut rontok yang dialami oleh penderita alopecia bisa tumbuh kembali dengan sendirinya. Namun bisa juga penderitanya mengalami kebotakan permanen atau rambut tidak akan tumbuh kembali.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok