Alasan Mengapa Makan Di Tempat Berpotensi Tularkan Virus Covid-19

August 13, 2021 | Iman

Makan di tempat

Dengan adanya pandemi Covid-19, pemerintah terus mengupayakan untuk terus mengurangi laju penularan virus salah satunya dengan mengeluarkan peraturan tentang pembatasan dine in di restoran.

Mengutip situs Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), makan bersama di tempat berpotensi menularkan virus Covid-19 karena ada beberapa protokol kesehatan yang mungkin akan diabaikan.

Dalam aktivitas makan bersama orang-orang pasti akan melepaskan masker untuk makan, begitu juga dengan orang lain yang berada dalam satu restoran. Saat masker dibuka tentu proteksi untuk melindungi diri dari virus sudah jelas berkurang, apalagi di sekitar kita banyak orang yang tidak pakai masker juga saat makan.

Hal lainnya yang mungkin diabaikan adalah Tidak menjaga jarak, walaupun beberapa tempat sudah menerapkan protokol kesehatan dengan membuat jarak dalam satu meja makan, tetap saja ada banyak masyarakat yang lupa untuk tetap jaga jarak. Hal tersebut terjadi karena banyak yang makan bersama teman atau keluarga dan dianggap aman, padahal hal ini bisa jadi potensi menularkan virus.

Terakhir yang sering dilakukan jika melakukan makan bersama di tempat adalah makan sambil mengobrol, hal ini sangat berpotensi menularkan virus karena anda bersama teman atau keluarga anda sama-sama tidak memakai masker lalu mengobrol dimana droplet akan menyebar di sekitar anda dan mempermudah virus masuk.

YesDok Ads

“Ditambah kita belum tahu pasti kondisi kesehatan teman makan kita saat itu, yang akan menambah risiko penyebaran Covid-19,” tulis keterangan resmi dari KPCPEN.

Agar lebih aman, saat makan tetap jaga jarak dengan orang lain, tidak sambil mengobrol dan jika ada makanan yang dikonsumsi bersama, gunakan alat makan terpisah khusus untuk mengambil makanan.

“Mengobrolnya bisa dilanjutkan setelah selesai makan dan kita kembali mengenakan masker,” lanjut keterangan tertulis dari KPCPEN. 

(Foto : pixabay)

YesDok Ads