Diet
+1

Alasan Mengapa Air Putih Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

January 20, 2021 | Kaifia

Seorang wanita sedang minum air putih.

Berbagai studi menunjukkan bahwa sering mengonsumsi air putih dikaitkan dengan salah satu strategi efektif dalam menurunkan berat badan.’

Hidrasi adalah kunci untuk berbagai faktor yang memainkan peran dalam penurunan berat badan, termasuk pencernaan dan fungsi otot.

Namun, komunitas medis masih belum yakin tentang seberapa signifikan asupan cairan dapat memengaruhi penurunan berat badan.

Minum air putih dapat meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar.

Pada orang dewasa, pengeluaran energi istirahat meningkat  sebesar 24-30% dalam 10 menit setelah minum air putih.

Ini berlangsung setidaknya 60 menit.

Penelitian masih belum yakin mengapa konsumsi air putih dapat membantu seseorang menurunkan berat badannya. Tetapi banyak studi menunjukkan korelasi dan hubungan yang positif antara peningkatan asupan air putih dengan penurunan berat badan

Berikut adalah beberapa alasan bahwa air bisa membantu menurunkan berat badan

Air putih meningkatkan pembakaran kalori

YesDok Ads

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi air putih bisa membantu membakar kalori.

Dalam sebuah studi tahun 2014, 12 orang yang minum 500mL air dingin dan suhu ruangan mengalami peningkatan pengeluaran energi.

Mereka membakar kalori antara 2 dan 3% lebih banyak dari biasanya dalam 90 menit setelah meminum air.

Air putih membantu menyingkirkan limbah dari tubuh

Air membantu ginjal dalam menyaring racun dan limbah sementara organ mempertahankan nutrisi dan elektrolit penting. Saat tubuh mengalami dehidrasi, ginjal menahan cairan.

Dehidrasi juga bisa menyebabkan tinja menggumpal dan sembelit. Air membuat limbah terus bergerak dengan melunakkan kotoran yang mengeras.

Air sebagai penekan nafsu makan alami

Ketika perut sudah terasa kenyang, ia mengirimkan sinyal ke otak untuk berhenti makan. Air bisa membantu mengenyangkan perut walaupun air putih mengandung nol kalori.

Seseorang mungkin sering mengira ketika mereka lapar padahal sebenarnya mereka haus. Mengonsumsi segelas air sebelum ngemil dapat membantu mengurangi asupan cemilan yang tidak sehat.

YesDok Ads