Alasan Kenapa Tekanan Darah Selalu Tinggi, ini yang Perlu Diperhatikan

April 24, 2022 | Iman

Cek tekanan darah

Bagi sebagian orang mungkin seringkali menyepelekan tekanan darah. Namun yang gagal kita pahami adalah bahwa tekanan darah tinggi merupakan “silent killer” karena bisa menjadi penyebab penyakit kronis.

Tidak hanya memengaruhi jantung dan arteri, tekanan darah tinggi dapat menjalar ke penyakit kardiovaskular yang mengancam jiwa seperti serangan jantung, gagal jantung, stroke.

Apa itu tekanan darah normal?

Tekanan darah normal adalah kurang dari 120/80 mmHg. Tekanan darah tinggi didefinisikan sebagai tekanan darah di atas 140/90. Dikatakan parah jika tekanannya di atas 180/120 mmHg.

Berikut beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tekanan darah tinggi.

Kelebihan asupan garam

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CD), orang dengan perkiraan asupan natrium yang lebih tinggi biasanya memiliki tekanan darah lebih tinggi. American Heart Association (AHA) juga memperingatkan garam yang tersembunyi dari kemasan makanan dan yang diawetkan.

Kurang konsumsi buah dan sayur

Menurut AHA, kalium adalah mineral yang mampu melawan sodium. Konon, semakin banyak kalium yang Anda makan, semakin banyak natrium yang hilang dari tubuh Anda melalui urin. Selanjutnya, kalium dikatakan meringankan dinding arteri dan pembuluh darah dari tekanan darah.

YesDok Ads

Sayuran dan buah-buahan seperti bayam, brokoli, alpukat, pisang, bit, jeruk, tomat, air kelapa adalah sumber kalium yang bagus.

Stres akut

Stres tidak memiliki efek langsung pada tekanan darah Anda. Saat stres, tingkat tekanan darah Anda meningkat, berlawanan saat Anda sedang tenang. Terlalu banyak stres juga dapat menyebabkan kerusakan pada dinding pembuluh darah. Kondisi ini juga dapat mendorong perilaku yang meningkatkan tekanan darah seperti tidak aktif, pola makan yang buruk, merokok dan minum alkohol.

Kualitas tidur buruk

Kualitas tidur yang buruk juga terkait dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi. Menurut meta-analisis dalam The Journal of Clinical Hypertension tahun 2018, mereka yang kurang tidur, 48 persen lebih rentan mengalami hipertensi.

Terlalu banyak alkohol

Minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah ke tingkat yang tidak sehat. Kondisi ini memengaruhi otot-otot di pembuluh darah sehingga menyempit. Hal ini dapat memaksa jantung Anda untuk bekerja lebih keras untuk memompa darah ke bagian lain dari tubuh, menyebabkan terlalu banyak ketegangan dan menyebabkan serangan jantung.

Menurut AHA, penggunaan alkohol secara teratur dan berlebihan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk gagal jantung, stroke, dan detak jantung yang tidak teratur (aritmia).

YesDok Ads