0 Point
Olahraga

Alasan Kenapa Perlu Hindari Olahraga Sebelum Tidur

Setiap orang berlomba-lomba untuk sehat, dan salah satu yang ditempuh adalah olahraga. Namun olahraga yang baik dikatakan dilakukan di pagi hari. Lantas, bagaimana sebetulnya menurut studi?

Jika Anda berolahraga secara teratur tetapi melakukannya pada waktu yang salah, Anda tidak akan mendapat manfaat apa pun. Sesuai sebuah studi baru British Journal of Sports Medicine, berolahraga sebelum tidur dapat memengaruhi detak jantung Anda dan memengaruhi siklus tidur Anda secara negatif.

Berolahraga larut malam dapat memiliki beberapa efek buruk pada kesehatan Anda. Berlawanan dengan kepercayaan populer bahwa berolahraga di malam hari dapat melelahkan Anda dan dengan demikian membantu Anda tidur seperti bayi.

Sesuai studi baru, berolahraga larut malam dapat meningkatkan detak jantung Anda dan mengganggu tidur Anda. Berolahraga umumnya membuat Anda dehidrasi dan melepaskan hormon stres dalam tubuh, membuat Anda tetap waspada. Berikut adalah tiga alasan lagi mengapa Anda tidak boleh berolahraga larut malam.

1. Kewaspadaan meningkat

Saat Anda berolahraga, kelenjar adrenal akan diaktifkan untuk menghasilkan adrenalin, yang dikenal sebagai epinefrin. Ini memicu jantung di gigi atas dan menyebabkan peningkatan detak jantung. Kondisi ini juga meningkatkan kadar oksigen dan aliran darah di otot. Semua ini, pada gilirannya, mengganggu tidur Anda.

2. Merangsang sistem saraf

Latihan yang intens dapat merangsang sistem saraf dan meningkatkan detak jantung, yang membutuhkan waktu untuk kembali normal. Beberapa latihan intens termasuk berlari, berenang, bersepeda, dan angkat besi berat yang berdekatan dengan jam tidur akan mengganggu ritme sirkadian Anda.

Sistem saraf membutuhkan waktu untuk memulihkan diri, karena merupakan komponen penting untuk koordinasi tangan-kaki-mata. Ketika sistem saraf bekerja berlebihan, itu dapat menyebabkan tubuh bergoyang dan gemetar, menyebabkan nyeri otot, nyeri, dan kurang tidur.

3. Pertumbuhan otot kurang

Saat Anda melakukan latihan yang intens, otot Anda patah dan robek. Istirahat adalah cara utama untuk menyehatkan otot dan meningkatkan pertumbuhannya. Karena olahraga sebelum tidur dapat mengganggu tidur Anda, juga dapat mengganggu proses pertumbuhan otot.

Para ahli menyarankan tiga cara sederhana untuk memerangi efek negatif dari berolahraga larut malam:

- Pastikan untuk berolahraga setidaknya dilakukan tiga jam sebelum tidur

- Mandi air panas untuk mengendurkan otot-otot Anda

- Gunakan beberapa minyak esensial di kamar tidur Anda atau campurkan beberapa di air mandi Anda untuk efek relaksasi.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2021 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok