Alasan Kenapa Mata Bisa Perih saat Menangis

April 25, 2021 | Iman

Menangis

Menangis adalah hal yang alami pada manusia. Kondisi ini terjadi saat suasana hati Anda berubah-ubah seperti bahagia, sedih, bahkan rasa sakit. Tapi pernahkan Anda menyadari mengapa mata menjadi perih teriris saat atau usai menangis?

Meskipun gejala ringan dan akut, atau jangka pendek dianggap normal, rasa terbakar yang parah dapat menunjukkan kondisi kesehatan mata yang mendasarinya. Menangis menyebabkan munculnya air mata, yang merupakan komponen penting dari kesehatan mata Anda.

Menurut American Academy of Ophthalmology, diperkirakan bahwa rata-rata orang menghasilkan antara 15 dan 30 galon air mata setiap tahun. Air mata membantu melumasi mata Anda untuk melindungi visi penglihatan Anda. Air mata basal dan refleks secara khusus membantu membersihkan kotoran pada mata.

Pada air mata terkandung air berelektrolit, kandungan metabolisme dan lemak. Beberapa peneliti juga percaya air mata mungkin memiliki hormon dan protein tambahan.

Jika Anda terpapar asap atau bahan iritan lainnya, kelenjar lakrimal Anda akan menghasilkan air mata yang membantu menyingkirkan serangan tersebut. Air mata Anda refleks memiliki antibodi untuk menyingkirkan bakteri yang berpotensi berbahaya. Oleh karenanya sensasi perih akan mereda setelah iritan dihilangkan.

YesDok Ads

Berkeringat juga bisa menyebabkan mata perih. Anda mungkin berisiko mengalami sensasi terbakar jika keringat memindahkan bahan kimia yang mengiritasi mata, seperti produk wajah atau kosmetik.

Masalah lain, mata kering juga bisa menjadi masalah mata perih. Menurut American Academy of Ophthalmology, mata kering terjadi pada orang dewasa karena produksi air mata dari kelenjar lakrimal secara alami menurun seiring bertambahnya usia.

Perawatan untuk mata perih saat menangis mungkin termasuk pengobatan rumahan untuk mengatasi penyebab yang mendasari. Anda dapat melakukan hal berikut:

• Kompres hangat atau dingin di atas kelopak
• Menggunakan waslap hangat untuk menghilangkan iritasi dan kosmetik dari sekitar mata
• Gunakan obat tetes mata
• Salep atau gel yang melembabkan kulit halus di sekitar mata Anda

(Foto : pixabay)

YesDok Ads