Alasan Kenapa Anda Selalu Merasa Lapar

October 20, 2019 | Iman

Rasa Lapar adalah isyarat alami dari tubuh Anda bahwa ia membutuhkan lebih banyak makanan. Ketika lapar, perut Anda mungkin terasa kosong, Anda juga mungkin akan merasakan sakit kepala, merasa mudah tersinggung, atau tidak dapat berkonsentrasi. 

Lebih berbahaya jika anda merasa lapar pada malam hari, karena jika anda makan dengan porsi tidak seimbang dan terlalu banyak makan karbohidrat pada malam hari saat anda lapar, bisa saja menyebabkan risiko obesitas.

Berikut adalah beberapa alasan kenapa anda selalu merasa lapar seperti dilansir laman Healthline, diantaranya adalah diet yang tidak mengandung protein, lemak, atau serat, serta stres atau dehidrasi yang berlebihan.

1. Tidak cukup tidur

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan Anda, dimana diperlukan waktu tidur untuk berfungsinya otak dan sistem kekebalan tubuh Anda dengan benar. Tidur cukup akan membuat anda jauh dari risiko beberapa penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

2. Makan terlalu banyak karbohidrat olahan

Makanan dengan karbohidrat olahan telah mengalami banyak proses dan hilang serat, vitamin, dan mineral. Salah satu sumber karbohidrat olahan yang paling populer adalah tepung, yang banyak ditemukan dalam makanan berbasis biji-bijian seperti roti atau pasta. Makanan seperti permen dan makanan panggang yang dibuat dengan gula olahan, juga dianggap sebagai karbohidrat olahan.

YesDok Ads

3. Kekurangan Cairan

Hidrasi yang tepat adalah elemen yang sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Minum air yang cukup memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan otak dan jantung dan mengoptimalkan kinerja saat olahraga. Selain itu, air juga menjaga kulit dan sistem pencernaan Anda tetap sehat. Air putih juga cukup mengenyangkan dan berpotensi mengurangi nafsu makan jika dikonsumsi sebelum makan.

4. Terlalu banyak Minum Alkohol

Alkohol dikenal karena efeknya yang merangsang nafsu makan dan penelitian telah menunjukkan bahwa alkohol dapat menghambat hormon yang mengurangi nafsu makan, seperti leptin, terutama ketika alcohol dikonsumsi sebelum atau saat makan. Karena hal tersebut, Anda mungkin sering merasa lapar jika minum terlalu banyak alkohol.

(Foto : vixendaily)

 

YesDok Ads