Alami Nyeri Saat Menstruasi? Atasi Dengan Makanan Ini

March 13, 2023 | Aqiyu

Nyeri Saat Menstruasi

Menstruasi memang dialami oleh wanita setiap bulannya. Namun terkadang menstruasi bisa terjadi dibarengi oleh rasa nyeri. Nyeri haid atau menstruasi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena sakit yang luar biasa hebat. Anda dapat mengurangi rasa nyeri saat menstruasi ini dengan beberapa cara salah satunya meredakannya dengan makanan.

Makanan untuk Nyeri Saat Menstruasi

Nyeri yang muncul saat haid merupakan hal normal yang terjadi. Tetapi nyeri haid harus diwaspadai karena bisa mengindikasikan beberapa masalah kesehatan. Nyeri haid dapat sementara waktu Anda redakan dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut ini:

Makanan rebus atau kukus

Makanan yang tinggi lemak dan berminyak dapat menyebabkan hormon pada tubuh tidak seimbang. Oleh karena itu, saat menstruasi Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang dibuat dengan cara di rebus atau kukus, sebaiknya hindari makanan yang diolah dengan cara digoreng. Makanan rebusan atau kukus baik untuk mengurangi minyak jahat yang masuk ke tubuh dan mencegah nyeri haid.

Sayuran dan buah

Kedua jenis makanan ini sudah terkenal baik bagi kesehatan, termasuk dalam mengurangi nyeri haid. Kandungan pada buah dan sayuran dapat membantu mengurangi reaksi peradangan dan mampu menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Bila Anda tidak begitu menyukai sayur, bisa menyiasatinya dengan mengonsumsinya dalam bentuk jus cold pressed karena nutrisinya lebih mudah diserap oleh tubuh.

YesDok Ads

Makanan tinggi serat

Salah satu penyebab nyeri haid adalah hormon yang tidak seimbang. Untuk itu, agar nyeri haid dapat diatasi secara alami, Anda bisa mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan karbohidrat kompleks sebagai solusi menyeimbangkan hormon. Adapun makanan yang tinggi serat dan karbohidrat seperti nasi merah, sorghum, quinoa, dan kentang.

Makanan tinggi omega 3

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa asam lemak omega 3 mampu mengurangi reaksi peradangan yang dapat memperburuk kondisi nyeri haid. Anda bisa menemukan makanan yang tinggi omega 3 pada salmon dan kacang mete.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads