Alami Nyeri Otot? Coba Lakukan Hal Ini

November 09, 2019 | Claudia

Nyeri otot merupakan kondisi umum yang dialami oleh banyak orang. Meski terbilang umum, tapi tetap saja nyeri otot bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan menghambat aktivitas Anda.

Nyeri otot paling sering terjadi di lengan, tangan, kaki, dan tungkai kita. Semua bagian tubuh ini merupakan yang paling sering kita gunakan saat beraktivitas. Rasa nyeri yang timbul saat nyeri otot muncul sangat beragam, mulai dari nyeri ringan, nyeri sedang, hingga nyeri yang terasa sangat menyakitkan.

Nyeri otot biasanya terjadi akibat cedera atau trauma pada otot, menggunakan otot secara tiba-tiba atau berlebihan, tegang pada otot, atau beberapa kondisi medis lainnya.

Untuk bisa bebas dari nyeri otot, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, yakni:

Terapi dingin

Terapi dingin atau yang juga dikenal sebagai cryotherapy, merupakan suatu proses pengobatan nyeri otot dengan menerapkan es pada bagian tubuh yang terluka atau terasa nyeri. Menaruh kantong es pada bagian tubuh yang cedera dapat memperlambat sirkulasi darah pada bagian tersebut, sehingga akan mengurangi rasa sakit dan peradangan. Terapi ini biasanya digunakan oleh banyak atlet untuk mengurangi nyeri otot akibat cedera olahraga.

YesDok Ads

Mendapatkan pijatan

Pijatan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otot dan memberikan kehangatan pada otot yang tegang. Sementara minyak esensial dapat berperan sebagai anti-inflamasi, analgesik, dan juga menyembuhkan nyeri otot yang diderita. Pijatan yang dilakukan dengan bantuan minyak esensial dapat membantu menyebarkan asam laktat dan melemaskan serta meredakan nyeri di otot. Aroma menenangkan dari minyak esensial juga berguna sebagai relaksasi yang sangat membantu penyembuhan otot.

Berendam dengan air hangat dan air dingin

Berendam dengan air hangat dan air dingin secara bergantian dapat membantu menghilangkan nyeri otot yang Anda derita. Baik air hangat maupun air dingin, keduanya dapat meningkatkan sirkulasi darah pada bagian tubuh yang sakit, sehingga dapat mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri yang menyiksa. Mandi air dingin dapat mengusir rasa sakit, sementara mandi air hangat dapat melemaskan otot, mengurangi kejang, dan tingkat stres di seluruh tubuh. Tambahkan juga beberapa tetes minyak esensial seperti lavender, atau minyak kayu putih ke dalam air, untuk mendapatkan manfaat lebih.

(Foto: acucure.ca)

YesDok Ads