Alami Burnout Saat Pandemi? Ini Cara Mengatasinya

March 01, 2021 | Kaifia

Seorang wanita sedang bekerja di depan laptop

Burnout adalah sebuah istilah yang menggambarkan kondisi kelelahan mental dan fisik. 

Selama pandemi, kita semua dianjurkan untuk melakukan aktivitas di rumah semenjak virus corona menyebar awal 2020. Kondisi ini dapat memicu timbulnya burnout.

Ketika seseorang sedang merasa lelah dan terjebak dalam kondisi dimana mereka sulit mengatasi burnout nya tersebut, rasa motivasi mereka malah semakin berkurang dan tidak mampu keluar dari perasaan tidak nyaman dan melelahkan ini.

Dilansir dari laman Everydayhealth, the World Health Organization (WHO) mendeskripsikan “kelelahan pandemi” sebagai “perasaan kehilangan motivasi melakukan atau menetapkan perilaku yang dianjurkan untuk melindungi diri dan orang lain dari virus.”

Merasa jenuh berlebihan terutama di kala pandemi saat ini adalah hal yang normal dan ketahuilah bahwa Anda tidak sendiri.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu mengatasi perasaan burnout selama pandemi 

Memprioritaskan rutinitas self-care

Self-care adalah sebuah cara merawat diri agar menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

YesDok Ads

Berolahraga rutin, menjaga hidrasi atau cairan tubuh serta meningkatkan kualitas tidur adalah bentuk dari perawatan diri.

Menjaga rutinitas keseharian yang seimbang mampu menurunkan stres dan membuat Anda  berenergi sepanjang hari serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan mementingkan perawatan diri, suasana hati akan kembali meningkat.

Komunikasi itu penting

Menggunakan panggilan video mampu mengakses Anda dalam menjaga komunikasi dengan keluarga, teman atau rekan kerja Anda. Selain itu, komunikasi juga penting untuk mencegah isolasi dan membantu meredakan perasaan burnout.

Berbicara tentang keadaan yang sedang tidak baik juga penting untuk membantu menyortir perasaan dan pikiran.

Mengenali dan mengendalikan pemicu stres

Pemicu stres dan burnout bisa datang dari manapun dari deadline pekerjaan. Dengan mengidentifikasi penyebab, seseorang mampu mengambil langkah-langkah kecil untuk mengatasi masalah.

Selain itu, membuat struktur untuk menyelesaikan masalah tersebut juga membantu Anda terkendali dan memberi gambaran apa yang akan terjadi selanjutnya.

YesDok Ads