Aktivitas Fisik Penting Dilakukan untuk Kesehatan Jantung

March 28, 2023 | Iman

Aktivitas Fisik untuk kesehatan jantung

Aktivitas fisik merupakan gerakan tubuh yang menggunakan otot dan memerlukan energi lebih dari saat istirahat. Contoh aktivitas fisik antara lain berjalan, berlari, menari, berenang, dan yoga. Aktivitas fisik untuk kesehatan jantung direkomendasikan sejak usia 3 tahun dan seterusnya. 

Jenis-jenis aktivitas fisik untuk kesehatan jantung misalnya aerobik, latihan kekuatan otot, latihan kekuatan tulang, aktivitas yang melatih keseimbangan dan fleksibilitas. Latihan fisik (exercise) merupakan aktivitas fisik yang terprogram dan terstruktur misalnya angkat beban, mengikuti kelas aerobik, bermain dalam tim olahraga. Aktivitas fisik memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk untuk kesehatan jantung.

Gaya hidup yang baik untuk menjaga kesehatan jantung meliputi pola makan dengan gizi seimbang, mencapai berat badan ideal, mengelola stress psikologis, tidak merokok, dan berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Terdapat 3 tipe aktivitas fisik yaitu aerobik, latihan kekuatan otot, dan latihan kekuatan tulang. Latihan keseimbang dan fleksibilitas juga bermanfaat. Aerobik merupakaan aktivitas fisik yang paling bermanfaat untuk kesehatan jantung dan paru. Aerobik melibatkan otot-otot besar di tubuh misalnya di lengan dan kaki. Aktivitas aerobik juga disebut endurance activity. 

Aktivitas aerobik menyebabkan jantung berdetak lebih cepat daripada saat isitrahat, selain itu pernapasan juga meningkat. Jika dilakukan secara rutin, aktivitas aerobik dapat membuat jantung dan paru menjadi lebih kuat dan bekerja dengan lebih baik.

YesDok Ads

Berdasarkan intensitasnya, aerobik dibagi menjadi intensitas ringan, sedang dan berat. Aerobik intensitas sedang dan berat lebih baik untuk kesehatan jantung dibandingkan aktivitas dengan intensitas ringan. Contoh aktivitas aerobik antara lain berjalan, jogging, berenang, bersepeda. Latihan penguatan otot dapat meningkatakan kekuatan dan ketahanan otot, misalnya dengan melakukan push-up dan sit-up, angkat beban, menaiki tangga. Latihan keseimbangan merupakan aktivitas yang dapat meningkatkan kemampuan untuk menahan gaya yang dapat menyebabkan jatuh. 

Latihan fleksibilitas dapat dilakukan melalui peregangan dan meningkatakan kemampuan untuk mengerakkan seluruh persendian tubuh.

Jika aktivitas fisik dilakukan secara teratur, aerobik dengan  intensitas sedang dan berat dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koronder terjadi ketika terdapat penumpukan plak di arteri koronder yang memberikan suplai darah ke jantung. Plak tersebut dapat ruptur dan menyumbat pembuluh darah hingga terjadi serangan jantung

Aktivitas fiisk dapat menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, risiko overweight dan obesitas, membantu tubuh mengontrol gula darah dan kadar insulin sehingga mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Berdasarkan studi, gaya hidup tidak aktif (sedentary lifestyle) lebih berisiko mengalami penyakit jantung dibandingkan orang yang melakukan aktivitas fisik.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads