Akibat Tidak Eksfoliasi Wajah, Ini yang Akan Terjadi

November 09, 2022 | Claudia

Akibat Tidak Eksfoliasi Wajah

Sudahkah Anda rutin merawat kesehatan kulit wajah Anda? Rutin menggunakan skincare setiap hari disarankan untuk menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tetap cantik juga awet muda. Namun, sudahkah Anda rutin melakukan eksfoliasi pada kulit wajah? Ada beberapa akibat tidak eksfoliasi wajah yang bisa terjadi, seperti munculnya jerawat dan komedo pada kulit.

Eksfoliasi kulit wajah dinilai penting untuk dilakukan, paling tidak 1–2 kali dalam seminggu. Saat malas mengeksfoliasi kulit, sel-sel kulit mati, minyak, dan kotoran bisa menumpuk di kulit wajah. Ini menyebabkan berbagai masalah seperti pertumbuhan jerawat, komedo, dan lain-lain.

Berikut ini merupakan beberapa akibat tidak eksfoliasi wajah secara rutin:

Banyak komedo bermunculan

Malas mengeksfoliasi kulit wajah menyebabkan banyak komedo dapat bermunculan di kulit, khususnya pada area hidung dan dagu. Eksfoliasi dapat membantu mengangkat sumbatan pada pori-pori penyebab masalah di kulit, misalnya sel kulit mati, debu, bakteri, kotoran, dan minyak berlebih. Jika rutin dibersihkan dengan eksfoliasi, maka sumbatan ini akan terus terangkat, dan kulit terhindar dari berbagai masalah seperti komedo.

Penuaan dini

Akibat tidak eksfoliasi wajah juga bisa menyebabkan kulit mengalami penuaan lebih cepat. Sel kulit mati yang dibiarkan menumpuk bisa memicu pembentukan keriput pada kulit, karena sel kulit yang baru kesulitan untuk tumbuh dan meremajakan kulit. Tentu Anda tidak mau terlihat tua sebelum waktunya, bukan?

Jerawat

Selain komedo, penumpukan sel kulit mati, minyak berlebih, bakteri, dan kotoran di kulit juga bisa memicu terjadinya masalah jerawat. Selain itu, bekas jerawat juga jadi lebih sulit hilang, jika Anda malas melakukan eksfoliasi kulit secara rutin.

Kulit kusam

Malas mengeksfoliasi kulit wajah juga bisa menyebabkan kulit tampak lebih kusam dan bahkan mengelupas. Sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit, akan membuat kulit tampak kusam dan tidak bersih, sehingga harapan untuk memiliki kulit yang glowing menjadi sulit terwujudkan.

Hasil makeup terlihat tidak natural

Bagi beberapa orang, mungkin sulit untuk membuat makeup menyatu dengan kulit dan tampak lebih natural. Mungkin salah satu penyebabnya adalah akibat tidak eksfoliasi wajah.Wajah yang kering, ditambah sel kulit mati yang terus menumpuk akibat tidak dieksfoliasi, dapat membuat makeup sulit menyatu dengan kulit, sehingga makeup tampak tidak natural di atas kulit wajah kita.

(Foto: firstclasse.com.my)

YesDok Ads