Air Kelapa Berpotensi Cegah Batu Ginjal, Mitos Atau Fakta?

November 19, 2022 | Aqiyu

Air Kelapa Berpotensi Cegah Batu Ginjal, Mitos Atau Fakta?

Memenuhi cairan tubuh setiap hari dapat mencegah dehidrasi dan komplikasi penyakit lainnya. Cairan yang paling sehat adalah air putih atau air mineral. Tapi selain itu, Anda juga bisa mencukupi cairan tubuh dengan jenis minuman lain yang tidak kalah sehat yaitu air kelapa.

Sebagian besar orang menyukai air kelapa dan minuman juga tergolong minuman yang menyehatkan. Dalam 1 cangkir atau sekitar 240 ml air kelapa murni mengandung sekitar 46 kalori dan beragam nutrisi. Meliputi karbohidrat, serat, protein, vitamin C, dan mineral seperti magnesium, kalium, kalsium dan antioksidan. Kandungan nutrisi pada air kelapa ini ternyata memiliki manfaat penting seperti mencegah penyakit batu ginjal.

Menurut sebuah penelitian mengkonsumsi air kelapa berpotensi mencegah penyakit batu ginjal. Penyakit batu ginjal merupakan kondisi yang diakibatkan terbentuknya endapan padat dalam ginjal yang berasal dari zat kimia dalam urine. Kadar zat kimia yang tinggi ini dapat terjadi karena kebiasaan mengkonsumsi makanan tinggi purin dalam jumlah yang banyak. Selain itu, juga disebabkan dari kondisi tubuh yang kekurangan asupan cairan, efek samping dari operasi dan mengonsumsi obat-obatan serta kondisi medis tertentu.

Penyakit batu ginjal juga dapat timbul disebabkan oleh kekurangan cairan. Jenis cairan seperti air kelapa ini dapat membantu memenuhi cairan dalam tubuh. Sehingga air kelapa dapat mencegah batu ginjal. Sebuah studi pun menyebutkan bahwa air kelapa dapat membantu membuang zat kimia yang menumpuk pada ginjal dan bagian lainnya. Jadi, tidak ada salah untuk Anda rutin mengkonsumsi air kelapa. Perlu dicatat air kelapa yang sehat adalah air kelapa murni tanpa tambahan gula ataupun pemanis buatan lainnya.

YesDok Ads

Meski air kelapa dapat memenuhi asupan cairan harian Anda, bukan berarti Anda tidak mengkonsumsi air putih sama sekali. Anda tetap disarankan untuk minum air putih sebagai minuman utama dalam sehari-hari. Pastikan Anda mengonsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas per hari atau minimal 2,5 liter sehari. 

Sebagaimana diketahui bahwa penyakit ginjal menjadi penyakit yang akhir-akhir ini marak menyerang anak-anak. Maka hindari pula makanan yang dapat mengganggu kesehatan penyakit ginjal dan jangan lupa selalu menerapkan pola makan yang sehat.

(Foto: only my health)

YesDok Ads