Diet
+1

Air Dingin Lebih Efektif Bakar Lemak, Benarkah?

September 20, 2021 | Aqiyu

air dingin

Selain mengatur pola makan, penurunan berat badan juga dipengaruhi oleh kebutuhan asupan cairan dalam tubuh. Minum air putih dapat membantu membakar lemak dalam tubuh. Banyak yang beranggapan bahwa minum air dingin lebih mudah bikin gendut sedangkan air hangat dapat membakar kalori. Benarkah demikian?

Sebagian besar orang mempercayai jika ingin menurunkan berat badan makan lebih baik mengonsumsi air hangat. Tapi faktanya, air dingin sedikit lebih efektif membakar kalori dalam tubuh dibandingkan air hangat. Hal ini disebabkan suhu tubuh akan meningkat saat Anda minum air dingin. Sehingga kalori dalam tubuh menjadi lebih mudah dibakar. Peneliti di Jerman mempelajari 14 orang dan menemukan fakta bahwa minum dua liter air dingin meningkatkan pembakaran kalori sebesar 30%.

Air dingin diyakini lebih efektif untuk membakar kalori pun dikatakan oleh American College of Sports Medicine and the International Society of Sports Nutrition yang menyarankan untuk meminum air dingin setelah berolahraga. Dimana air dingin akan membantu mengurangi kenaikan suhu tubuh yang bisa menghambat ketahan tubuh saat olahraga. Serta mampu menggantikan keringat yang hilang dan mencegah dehidrasi.

YesDok Ads

Anda pun harus dapat membedakan air dingin dan air es. Air dingin berkisar pada suhu 4-15 derajat celcius, sementara air es berada pada suhu dibawah 4 derajat celcius. Jika Anda menambahkan 1-2 butir es batu itu hanya mendinginkan saja tidak membuatnya menjadi air es. Untuk membedakannya, air es akan membuat gigi Anda ngilu saat meminumnya.

Meski begitu bukan berarti Anda lantas mengonsumsi air dingin secara berlebihan. Efek minum air dingin untuk menurunkan berat badan memang tidak signifikan. Tetapi minum air putih juga tidak akan membuat berat badan naik. Sebab, air putih dingin mengandung nol kalori dan tidak berpengaruh pada kenaikan berat badan. Kecuali, Anda minum air dingin ditambahkan dengan pemanis seperti gula, sirup, soda, atau susu. Minuman dingin seperti ini harus dihindari apalagi jika Anda sedang diet. Karena minuman dingin dengan campuran pemanis mengandung kalori yang cukup tinggi.

(Foto: curejoy)

YesDok Ads