Agar Tidak Dehidrasi, Ini Asupan yang Harus dan Jangan Dikonsumsi Selama Puasa

April 18, 2021 | Iman

Buah semangka

Menurut sebuah penelitian, frekuensi makan dan cairan berkurang selama bulan Ramadan dan dapat menyebabkan berkurangnya energi, penurunan berat badan, dan menimbulkan dehidrasi. 

Penelitian lain menunjukkan bahwa tidak adanya asupan makanan dan cairan selama siang hari selama puasa dapat menyebabkan defisit air tubuh yang sangat besar sehingga menyebabkan penurunan fungsi kognitif dan fisik.

Oleh sebab itu, penting agar anda tetap terhindar dari dehidrasi saat berpuasa. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar tetap terhidrasi, salah satunya memperhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka. Berikut adalah asupan yang harus dan anda hindari selama puasa.

Makanan Untuk Dimakan

1. Semangka

Buah semangka mengandung sekitar 92 persen air per 100 gram dan mengandung antioksidan alami seperti likopen, sitrulin, dan asam askorbat, buah ini juga kaya vitamin seperti Vitamin B1 dan B6, dan mineral seperti magnesium dan kalium.

2. Blewah

Blewah 90-99 persen terdiri dari air. Selain itu, kulit dan biji blewah juga kaya akan polifenol, flavonoid, tanin, dan karotenoid yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya mencegah risiko dehidrasi.

3. Selada

YesDok Ads

Selada merupakan salah satu sayuran hijau yang mengandung banyak air, sayuran ini menjadi sumber yang sangat baik untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa.

4. Mentimun

Mentimun merupakan sumber potasium, asam folat, dan vitamin C sehingga saat baik untuk menghidrasi tubuh.

Makanan Yang Harus Dihindari

1. Kopi/Teh 

Minuman berkafein seperti kopi dan teh, perlu anda batasi saat puasa karena jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, dapat menyebabkan dehidrasi.

2. Makanan tinggi garam

Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin seperti keripik, gorengan atau daging olahan dapat menarik air dari sel tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi.

YesDok Ads