0 Point
Buah semangka

Agar Tidak Dehidrasi, Ini Asupan yang Harus dan Jangan Dikonsumsi Selama Puasa

Menurut sebuah penelitian, frekuensi makan dan cairan berkurang selama bulan Ramadan dan dapat menyebabkan berkurangnya energi, penurunan berat badan, dan menimbulkan dehidrasi. 

Penelitian lain menunjukkan bahwa tidak adanya asupan makanan dan cairan selama siang hari selama puasa dapat menyebabkan defisit air tubuh yang sangat besar sehingga menyebabkan penurunan fungsi kognitif dan fisik.

Oleh sebab itu, penting agar anda tetap terhindar dari dehidrasi saat berpuasa. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar tetap terhidrasi, salah satunya memperhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka. Berikut adalah asupan yang harus dan anda hindari selama puasa.

Makanan Untuk Dimakan

1. Semangka

Buah semangka mengandung sekitar 92 persen air per 100 gram dan mengandung antioksidan alami seperti likopen, sitrulin, dan asam askorbat, buah ini juga kaya vitamin seperti Vitamin B1 dan B6, dan mineral seperti magnesium dan kalium.

2. Blewah

Blewah 90-99 persen terdiri dari air. Selain itu, kulit dan biji blewah juga kaya akan polifenol, flavonoid, tanin, dan karotenoid yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya mencegah risiko dehidrasi.

3. Selada

Selada merupakan salah satu sayuran hijau yang mengandung banyak air, sayuran ini menjadi sumber yang sangat baik untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa.

4. Mentimun

Mentimun merupakan sumber potasium, asam folat, dan vitamin C sehingga saat baik untuk menghidrasi tubuh.

Makanan Yang Harus Dihindari

1. Kopi/Teh 

Minuman berkafein seperti kopi dan teh, perlu anda batasi saat puasa karena jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, dapat menyebabkan dehidrasi.

2. Makanan tinggi garam

Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin seperti keripik, gorengan atau daging olahan dapat menarik air dari sel tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok