0 Point
Agar Sehat, Begini Cara Minum Air Hangat

Agar Sehat, Begini Cara Minum Air Hangat

Mungkin banyak yang belum mengetahui jika rutin mengonsumsi air hangat setiap hari dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan. Namun minum air hangat bisa Anda rasakan manfaatnya jika dengan cara yang tepat. 

Dampak positif bagi kesehatan dengan mengonsumsi air hangat secara teratur adalah membantu mencerahkan kulit, mencegah sembelit, mencegah penuaan dini, menghilangkan gatal pada kulit kepala, melindungi diri dari infeksi kulit, meredakan hidung tersumbat hingga mendetoksifikasi tubuh. Untuk mendapatkan berbagai macam hal keuntungan tersebut, perhatikan hal-hal berikut agar Anda bisa mendapatkan manfaat sehat dari minum air hangat.

Tidak minum secara berlebihan

Segala Sesuatu yang berlebihan dapat berdampak tidak baik, begitu juga dengan minum air hangat secara berlebihan. Air putih hangat yang disarankan untuk anak-anak usia 7-9 tahun adalah 1900 ml per hari, remaja usia 16-18 tahun adalah 2200 ml per hari dan orang dewasa berusia sekitar 30-49 tahun adalah 2600 ml per hari. 

Perhatikan waktu minum

Minum air hangat sangat dianjurkan saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Mengingat sekitar 80% tubuh manusia terbentuk oleh cairan. Semua organ tubuh manusia dapat bekerja dengan baik saat tubuh terhidrasi. Mengonsumsi air hangat pagi hari dapat membantu membersihkan saluran pencernaan dan malam hari untuk membantu melancarkan sirkulasi darah.

Pastikan temperaturnya tepat

Minum air hangat sangat bagus tetapi bukan berarti Anda minum air panas. Pastikan temperatur air hangat yang Anda konsumsi. Para ahli merekomendasikan suhu air hangat yang tepat adalah 54-71 celcius. 

Sajikan dengan teh atau jahe

Minum air hangat saja sudah memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Apalagi air hangat disajikan dengan teh atau jahe yang memiliki kandungan zat senyawa yang baik bagi kesehatan. Manfaat air jahe dengan teh hangat dapat menghilangkan mual, melawan peradangan rematik, osteoarthritis, meredakan nyeri dan sakit, kaya antioksidan, mengendalikan kadar gula darah, hingga menurunkan berat badan.

(Foto: healthline)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok