Agar Gigi Berbehel Tidak Rusak, Hindari Makanan Ini

November 29, 2020 | Aqiyu

behel gigi

Rasa percaya diri seseorang bisa ditunjang dari kesehatan dan kerapihan gigi. Untuk membuat gigi rapi bisa menggunakan dengan cara memasang kawat gigi atau behel. Perawatan gigi yang berbehel pun susah-susah gampang. Karena ada beberapa makanan yang harus dihindari agar gigi berbehal Anda tidak rusak.

Saat memakai behel ada beberapa pantangan makanan, agar bracket behel tidak copot. Bracket behel yang lepas akan memengaruhi masa perawatan, bahkan Anda akan mengeluarkan biaya lebih. Maka dari itu, Anda harus mengetahui makanan apa saja yang wajib Anda hindari:

Makanan keras atau garing

Makanan yang wajib dihindari saat menggunakan behel adalah makanan keras, tidak terkecuali sayuran dan buah yang teksturnya keras. Makanan keras dan garing seperti popcorn dan keripik kentang dapat mengakibatkan kawat gigi bengkok dan patah.

Makanan berukuran kecil

Hindari makanan berukuran kecil yang berpotensi besar terselip di celah behel seperti kacang-kacangan atau biji-bijian. Alternatif lain menikmati makanan seperti kacang atau biji-bijian, Anda bisa mengolahnya sampai halus.

Makanan berserat kasar

Makanan berseta kasar seperti daging juga ternasuk makanan yang pantang dikonsumsi saat menggunakan kawat gigi. Tekstur daging yang berserat kasar membuat daging sulit dikunyah dan harus ekstra untuk menghancurkannya. Serta berisiko tinggi menimbulkan ngilu dan longgarnya kawat gigi sekitar gigi geraham.

Makanan kenyal dan lengket

Makanan bertekstur kenyal, alot dan lengket karena akan sangat merepotkan saat emmbersihkannya. Sebab, makanan yang lengket dapat menempel dengan mudah diantara celah behel. Selain itu, sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik akan mengalami pembusukan.

Minuman bersoda

Mengonsumsi minuman bersoda memang tidak akan memengaruhi behel Anda, namun minuman bersoda dapat menyerang gigi Anda. Minuman bersoda dapat membuat tipi lapisan enamel gigi sehingga membuat gigi mudah berlubang dan berubah warna. Jadi, untuk menghindari warna gigi yang belang sebaiknya kurangi meminum soda.

(Foto: VNF Nutrition)

YesDok Ads