Adakah Manfaat dari Tidur Telentang?

November 10, 2021 | Claudia

Tidur Telentang

Tahukah Anda bahwa posisi tidur sangat terkait dengan kualitas tidur? Namun, posisi tidur yang mungkin berhasil pada satu orang, belum tentu juga bisa terasa nyaman bagi orang lainnya.

Telentang merupakan salah satu posisi tidur yang memiliki banyak manfaat. Manfaat tidur dalam posisi ini bisa bervariasi dari satu orang ke orang lainnya, namun beberapa manfaat umum ini mungkin bisa Anda rasakan:

Meringankan sakit leher atau punggung

Tidur telentang menempatkan seluruh tulang belakang, termask leher, dalam posisi netral. Posisi ini mencegah tekanan yang dapat menyebabkan nyeri punggung bawah atau nyeri leher.

Menghindari sakit kepala

Salah postur leher bisa menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala servikogenik adalah salah satu contohnya. Seseorang yang mengalami sakit kepala ini akan sering terbangun di malam hari dengan rasa sakit yang menjalar dari punggung ke belakang kepala dan dahi.

Mencegah keriput

Penelitian telah menunjukkan bahwa menekan wajah ke bantal saat tidur, dapat menekan kulit. Seiring waktu, ini bisa berkontribusi terhadap kemunculan tanda-tanda penuaan seperti kerutan. Kondisi ini cenderung terjadi pada seseorang yang suka tidur dalam posisi tengkurap atau miring. Sementara tidur dalam posisi telentang dapat membantu mencegah wajah untuk tertekan di bantal sepanjang malam.

Selain posisi tidur, kualitas tidur yang baik juga bisa dicapai dengan kebiasaan tidur yang baik. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat lainnya dari tidur telentang, maka cobalah untuk menjalani kebiasaan tidur yang baik lainnya, sehingga manfaat tidur yang berkualitas dapat Anda raih dengan optimal.

(Foto: livehealthily.com)

YesDok Ads