Ada Darah dalam Feses Bayi, Apa yang Harus Dilakukan?

November 16, 2021 | Claudia

Darah dalam feses bayi

Pernahkah Anda melihat darah dalam feses atau tinja yang dikeluarkan bayi Anda? Banyak bayi mengalami masalah ini. Ini bisa terjadi akibat mengejan saat buang air besar (BAB), celah anal yang kecil, dan kondisi lain yang bisa menyebabkan munculnya garis-garis darah pada feses bayi.

Akan tetapi, masalah yang lebih serius, seperti pendarahan di usus, juga bisa menyebabkan masalah darah di feses. Jadi, meskipun dalam kebanyakan kasus ini bukan masalah yang mengkhawatirkan, sebaiknya Anda segera membawa anak ke dokter untuk mendapat diagnosis dan perawatan yang tepat.

Sebagian besar kasus darah dalam feses bayi mungkin tidak berbahaya, namun, tetap penting bagi orang tua untuk berkonsultasi dengan dokter setiap kali melihat darah dalam feses bayi. Seorang dokter dapat mendiagnosis penyebab dan merekomendasikan perawatan yang tepat untuk anak Anda.

YesDok Ads

Anda harus segera membawa anak Anda ke dokter jika terjadi kondisi-kondisi berikut ini:

  • Mengalami diare berdarah
  • Terjadi demam atau tanda-tanda penyakit lainnya
  • Mengeluarkan feses yang berdarah dan perut bengkak
  • Tidak mau makan
  • Tampak lesu, bingung, atau sangat sakit

Sebagian besar masalah yang menyebabkan keluarnya darah dalam feses bayi bisa diobati. Bahkan ketika yang terjadi merupakan masalah yang serius. Yang terpenting, Anda sebagai orang tua harus segera tanggap dengan kondisi anak dan tidak mengabaikan jika terjadi kondisi tidak normal pada anak. Perawatan yang cepat dan tepat dari dokter dapat sangat membantu mengatasi masalah yang dialami si buah hati.

(Foto: happiestbaby.com)

YesDok Ads