8 Manfaat Mendengarkan Musik Selama Perjalanan

December 20, 2019 | Claudia

Mendengarkan musik selama perjalanan

Bepergian merupakan satu hal yang menyenangkan. Menikmati perjalanan tentu akan lebih asyik dengan mendengarkan musik yang kita suka, apalagi jika perjalanan yang kita tempuh cukup jauh sehingga memakan waktu hingga berjam-jam lamanya.

Tak hanya menghibur, ternyata mendengarkan musik selama perjalanan juga membawa banyak manfaat kesehatan. Tentu saja ini merupakan kabar baik bagi kita! Memang, apa saja sih yang bisa kita dapatkan dengan mendengarkan musik selama perjalanan?

Manfaat 1

Jika Anda kerap menderita mabuk perjalanan, musik dapat membantu mengalihkan pikiran Anda. Ketika pikiran Anda terganggu dengan cara yang menyenangkan, ketidaknyamanan akibat mabuk perjalanan dapat teralihkan dan bahkan bisa berkurang.

Manfaat 2

Sebuah penelitian mengklaim bahwa musik adalah salah satu terapi yang baik untuk mencegah mual selama perjalanan. Jadi, Anda tak perlu lagi menenggak obat antimabuk, cukup pasang earphone dan dengarkan musik favorit Anda.

Manfaat 3

Musik meningkatkan mood. Saat bepergian, suasana hati Anda mungkin tidak selalu dalam keadaan yang baik. Kadang, ada beberapa hal yang terasa sangat menyebalkan sehingga bisa menurunkan mood dan bahkan mengganggu perjalanan kita. Di sini, musik bisa membawa pikiran kita melayang ke hal-hal yang menyenangkan, dan mengembalikan suasana hati kita yang terganggu.

Manfaat 4

Misalnya Anda baru kembali dari perjalanan dinas, biasanya Anda akan merasa stres akibat beban pekerjaan yang harus Anda selesaikan selanjutnya. Mendengarkan musik, akan membuat Anda santai dan terbebas dari pikiran-pikiran yang menyebabkan stres. Setelahnya, Anda bisa mendapatkan pikiran yang lebih jernih untuk bisa menyelesaikan masalah-masalah yang akan Anda hadapi.

YesDok Ads

Manfaat 5

Musik dapat memengaruhi hormon Anda. Kortisol adalah hormon yang dikeluarkan karena stres. Mendengarkan musik dapat bekerja dengan baik untuk menurunkan level hormon stres yang dilepas dalam tubuh kita.

Manfaat 6

Manfaat lain dari mendengarkan musik saat Anda bepergian adalah meminimalkan masalah tidur, jika Anda menderita insomnia. Mendengarkan musik santai di malam hari selama perjalanan, dapat membantu Anda tertidur lebih cepat malam itu.

Manfaat 7

Saat Anda bepergian, Anda cenderung lebih banyak menganggur. Mendengarkan musik akan lebih baik untuk menjaga pikiran Anda tetap melayang dan berkhayal pada hal-hal baik, daripada melamun yang kemudian bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Manfaat 8

Musik dapat merelaksasi dan membantu melepaskan hormon-hormon yang baik seperti dopamin dan serotonin. Ketika Anda turun di tempat tujuan, Anda cenderung merasa lebih baik jika Anda mendengarkan musik yang menenangkan saat bepergian.

(Foto: parade.com)

YesDok Ads