Diet
+1

7 Sumber Karbo Baik Untuk Diet

August 24, 2020 | Aqiyu

Sumber karbohidrat

Diet bukan berarti tidak makan. Bahkan saat diet Anda tetap harus memenuhi kebutuhan karbohidrat pada tubuh. Sumber karbohidrat bukan hanya bisa Anda dapat dari nasi saja. Ada beberapa sumber karbo yang baik untuk diet sebagai berikut ini:

KENTANG

Saat diet, Anda bisa mengganti nasi dengan kentang untuk mendapatkan karbohidrat. Kentang memiliki kandungan pati resisten atau pati yang tidak dapat dicerna. Sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

UBI JALAR

Ubi jalar memiliki manfaat kesehatan yang berlimpah. Satu ubi jalar berukuran sedang mengandung 100 gram kalori, 25 gram karbohidrat sehat, serta kadar vitamin A dengan jumlah 6 kali lipat dari kebutuhan harian Anda .

JAGUNG

Makanan pengganti nasi untuk diet juga bisa dengan jagung. Jagung mengandung serat, magnesium, fosfor, dan vitamin C yang penting bagi tubuh. Dalam 100 gram biji jagung terdapat 86 kalori dan berbagai jenis vitamin B dan folat. Kandungan vitamin B pada jagung dapat memenuhi 10%-19% nilai harian yang harus dikonsumsi. Serat pada jagung juga bisa membantu menurunkan kolesterol dqn mengatasi susah buang air besar.

SINGKONG

YesDok Ads

Kandungan gizi pada singkong mirip dengan kentang. Tetapi singkong mengandung zat kimia glikosida sianogen yang dapat melepaskan sianida dalam tubuh. Jadi, untuk mengonsumsi singkong dengan aman dan mendapatkan manfaatnya singkong harus dibersihkan dengan benar untuk mencegah keracunan.

OATMEAL

Serat dalam oatmeal membantu Anda kenyang lebih lama. Selain itu, dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengontrol kadar gula darah. Perhatikan pula cara penyajiaannya, biasanya orang akan menambahkan makanan lainnya saat menikmati oatmeal. Hal ini justru akan menambah kalori dan kadar gulanya.

SHIRATAKI

Shirataki adalah sejenis mi yang terbuat dari umbi konnyaku. Konnyaku dikenal sebagai bahan makanan yang rendah kalori dab kaya serat. Itu mengapa banyak orang yang menerapkan diet dengan menambahkan mi shirataki sebagai menu diet.

KEMBANG KOL

Kembang kol mengandung kaya antioksidan, vitamin C dan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Sementara vitamin K pada kembang kol dapat memvantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kembang kol juga merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk diet.

(Foto: freepik/topnt26)

YesDok Ads