7 Hal Penting yang Perlu Diketahui Tentang Katarak

July 19, 2020 | Iman

Katarak

Menurut sebuah studi, setengah populasi orang Amerika di usia senja menderita penyakit katarak. Katarak didefinisikan sebagai pengaburan lensa mata Anda, dan juga masalah usia. Di Amerika Serikat sendiri sekitar 200.000 kasus baru di terjadi setiap tahun yang dikaitkan dengan kondisi kesehatan ini. 

Seorang profesor klinis oftalmologi di Harvard Medical School, Stephen Foster menyebut jika katarak juga mungkin terjadi di usia 40-an. Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang kondisi kesehatan mata ini.

1. Katarak Tidak Terbentuk di Mata

Banyak orang beranggapan bahwa lapisan berkabut telah berkembang di atas lensa, tetapi katarak sebenarnya terbentuk di dalam mata. Kabut yang mengaburkan penglihatan terjadi ketika protein dari lensa yang sejernih kristal memecah. Anda mungkin sulit merasakan katarak, dan mungkin butuh berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk berkembang ke tahap di mana Anda memutuskan hal tersebut sudah perlu tindakan serius.

2. Umur Tidak Memengaruhi Risiko

Sebagian besar katarak berkaitan dengan usia, tetapi mungkin untuk mengembangkannya juga diperkuat dari cedera mata atau masalah lain seperti glaukoma. Radiasi dan paparan sinar matahari juga membuat Anda berisiko katarak; sinar matahari yang cerah dapat mempercepat pemecahan protein-protein lensa tersebut.

3. Katarak Hanya dapat Memengaruhi Satu Mata

Menurut Foster, katarak mungkin berkembang hanya di salah satu mata Anda. Terutama jika Anda menderita semacam pukulan atau trauma pada salah satu mata Anda, yang dapat menyebabkan katarak berkembang pada satu mata tetapi tidak mengganggu mata sebelahnya. 

4. Katarak dapat Merusak Pandangan Anda

Beberapa orang pasien katarak berakhir dengan penglihatan yang terus-menerus buram, tetapi yang lain hanya mengalami masalah dalam kondisi tertentu. Beberapa pasien mengeluhkan tentang kesulitan melihat saat mengemudi di malam hari. Penglihatannya sebagian besar sempurna, tetapi memiliki jenis katarak tertentu yang menyebabkan gangguan cahayanya menyebar. 

5. Tidak Melulu Butuh Pembedahan

Ketika gejala katarak Anda pertama kali mulai terbentuk, penglihatan Anda tidak terlalu terpengaruh. Banyak orang menunda operasi selama bertahun-tahun dan sebenarnya tidak ada risiko yang terkait dengan penundaan prosedur ini.

6. Operasi Katarak Umum Terjadi

Jika Anda telah mencapai titik di mana Anda harus pergi di bawah pilihan pembedahan, jangan panik. Operasi katarak memiliki tingkat keberhasilan 96%, menjadikannya salah satu prosedur teraman dalam kedokteran modern. Ahli bedah mata Anda akan melepaskan lensa Anda, membersihkan segala kotoran yang terakumulasi, dan memasukkan implan lensa baru.

7. Risiko Katarak Dapat Diatasi

Mengenakan kacamata hitam yang menghalangi sinar UV dan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran  kaya antioksidan dapat membantu turunkan risiko katarak. Menerapkan gaya hidup sehat seperti jauh dari asap rokok, membatasi alkohol, juga dapat terhindar dari risiko buruk pada mata Anda.

 

(Foto: Freepik)

YesDok Ads