6 Tanda Hati Anda Didera Masalah

April 16, 2019 | Claudia

Hati merupakan salah satu organ penting yang memiliki tugas untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui urine dan feses. Seiring bertambahnya usia, hati bisa menjadi lebih lamban dan bahkan lemah dalam menguras racun dengan benar.

Saat ini terjadi, hati malah akan menyimpan racun sebagai sel-sel lema di area perut. Kelebihan lemak di hati dapat menyebabkan hati dipenuhi lemak. Hati merupakan organ berlema alami, yang mana sudah ada lemak yang terdapat di sana setiap saat.

Saat ada tambahan lemak pada hati, ini akan meningkatkan sekitar 5% hingga 10% dari total berat hati. Hati bertanggung jawab untuk memetabolisme lemak, dan ketika hati tak berfungsi dengan baik, lemak akan bersirkulasi dari usus melalui empedu dan kembali ke organ.

Berikut ini merupakan beberapa tanda yang muncul ketika hati Anda mengalami masalah:

Kenaikan badan tanpa sebab yang jelas

Karena hati merupakan organ yang bertanggung jawab untuk memetabolisme lemak, maka saat fungsinya terganggu, ini akan menyebabkan penumpukan lemak. Pada akhirnya, kondisi ini akan menyebabkan penambahan berat badan yang terus terjadi.

Alergi

Hati yang sehat dapat menciptakan antibodi yang dapat menyerang alergen. Ketika fungsi hati menurun, tubuh menyimpan alergen. Selanjutnya, tubuh akan merespons dengan memproduksi hstamin yang dapat membantu menghilangkan alergen. Namun, produksi histamin yang berlebihan akan menyebabkan gejala alergi seperti gatal, dan sakit kepala.

Kelelahan kronis

YesDok Ads

Racun dapat mencegah metabolisme jaringan otot, yang bisa mengakibatkan rasa sakit serta kelelahan fisik. Kelelahan dapat meningkatkan emosi, sehingga Anda lebih mudah marah, bahkan mengalami depresi. Ini merupakan salah satu gejala utama saat hati Anda bermasalah. Ini merupakan salah satu pertanda bahwa kada racun sangat tinggi di dalam tubuh.

Berkeringat

Ketika hati terlalu banyak bekerja, maka fungsinya akan berkurang, dan hati akan menjadi panas. Karena hati merupakan satu organ yang besar, hati bisa memindahkan panas ke seluruh tubuh dan mendinginkan dirinya sendiri melalui produksi keringat yang berlebih.

Jerawat sulit pergi

Racun dalam hati dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang kemudian menimbulkan jerawat. Masalah kulit ini disebabkan oleh hati yang bergerak lamban, dan akan sangat sulit bagi Anda untuk terbebas dari masalah ini kecuali fungsi hati kembali membaik.

Bau mulut

Jika Anda menderita bau mulut, meskipun Anda telah menjaga kebersihan mulut dengan baik, maka ini bisa jadi terdapat masalah pada hati Anda. Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat.

(Foto: webmd.com)

YesDok Ads