6 Pilihan Makanan untuk Meredakan Sembelit

April 20, 2021 | Helmi

buah

Memperbaiki pola makan bisa menjadi salah satu solusi dari masalah sembelit. Kebanyakan orang hanya mengonsumsi 15 gram serat per hari, yaitu sekitar setengah dari asupan serat harian yang direkomendasikan. 

Penting untuk makan sekitar 25 hingga 38 gram serat setiap hari untuk menghindari dan meredakan sembelit. Berikut ini beberapa makanan dengan kandungan serat yang tinggi untuk membantu mengatasi masalah sembelit.

Buah

Alpukat, blackberry, pir, pepaya, dan jambu biji kaya akan serat, yang membantu mencegah sembelit. Pastikan untuk makan sekitar dua cangkir buah setiap hari, untuk mendapat manfaat yang maksimal.

Kacang-kacangan

Kacang polong, buncis, lentil, dan kacang-kacangan adalah sumber serat yang bagus. Setengah cangkir kacang polong mengandung sekitar tujuh hingga sembilan gram serat, atau kira-kira sepertiga dari nilai harian Anda.

Sayuran hijau

Selain kaya serat, sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan selada juga membantu pertumbuhan bakteri usus yang sehat. Ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi sekitar dua setengah cangkir sayuran setiap hari.

YesDok Ads

Makanan Laut

Makanlah setidaknya delapan ons makanan laut, seperti ikan, kerang, udang karena merupakan sumber magnesium yang baik, mineral yang berhubungan dengan penurunan risiko sembelit.

Konsumsi Air

Air membantu mencerna makanan dan membantu mencegah sembelit, jadi minumlah setidaknya 2,7 hingga 3,7 liter air setiap hari. 

Kopi

Kopi berkafein dan tanpa kafein dapat menyebabkan efek pencahar, kemungkinan karena peningkatan kadar gastrin, hormon yang membuat usus besar berkontraksi. Aman mengkonsumsi hingga 400 miligram kafein sehari, atau sekitar empat cangkir kopi.

"Yang terbaik adalah meningkatkan asupan serat secara bertahap sebanyak lima gram per hari," kata Davis, karena menambahkan serat terlalu cepat dapat menyebabkan kram perut, kembung, atau gas usus dan terkadang dapat memperburuk sembelit.

YesDok Ads