6 Perubahan Mengejutkan Usai Kehamilan

June 13, 2022 | Iman

pasca Kehamilan

Kehamilan itu terasa indah bagi sebagian perempuan. Meskipun merupakan pengalaman yang luar biasa, kehamilan bisa sangat mengubah tubuh seorang ibu.

Sebanyak perubahan tubuh Anda, mungkin berkembang banyak perubahan selama tahun pertama setelah melahirkan. Berikut beberapa perubahan fisik selama beberapa bulan pertama atau satu tahun setelah kehamilan.

Perubahan payudara

Setelah Anda melahirkan bayi Anda, payudara Anda mungkin berubah dalam hal bentuk dan ukuran.

Pasca-kehamilan, kadar estrogen dan progesteron Anda menurun drastis, sementara prolactin yang merupakan hormon yang membantu Anda memproduksi ASI, melonjak. Perubahan mulai terlihat dalam dua atau tiga hari setelah melahirkan dan payudara Anda cenderung menjadi keras dan lembut.

Ukuran sepatu

Kenaikan berat badan dan perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan juga dapat mengubah ukuran sepatu Anda.

Menurut studi American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), wanita yang memiliki berat badan normal bisa bertambah 11 hingga 16 kilogram selama kehamilan. Oleh karena itu, kelebihan berat badan dapat menyebabkan banyak tekanan pada kaki sehingga menyebabkan lengkung kaki menjadi rata.

Selain itu, hormon yang disebut relaksin dapat mengendurkan ligamen otot di kaki Anda. Jadi, ketika lonjakan berat badan memberi tekanan pada kaki, itu membuatnya lebih mudah memanjang.

YesDok Ads

Perubahan area vagina

Setelah melahirkan anak, perubahan di area vagina pasti akan terjadi dan seharusnya tidak mengejutkan banyak orang. Mengingat ukuran bayi yang baru lahir, wanita sering mengalami perubahan vagina pascapersalinan.

Stretch mark

Karena peningkatan dan penurunan berat badan yang besar sebelum dan sesudah kehamilan, wanita dapat mengembangkan stretch mark merah muda dan merah di tubuh mereka. Namun, tanda ini mungkin menjadi lebih ringan atau tidak terlalu mencolok dari waktu ke waktu.

Butuh waktu agar gairah seks kembali normal

Pasca-kehamilan, banyak ibu mengeluhkan gairah seks mereka memudar. Menurut para ahli, dibutuhkan waktu hingga satu tahun untuk mendapatkan kembali libido seseorang. Ini tidak hanya disebabkan oleh rendahnya kadar estrogen dalam tubuh, tetapi merawat bayi yang baru lahir juga bisa melelahkan, yang menyebabkan berkurangnya dorongan seks.

Perubahan di kaki, wajah, dan rambut

Perubahan pasca-kehamilan lainnya terjadi pada kaki, wajah dan rambut. Kenaikan berat badan selama kehamilan dapat menyebabkan spider veins, juga dikenal sebagai varises pasca-kehamilan. Kondisi ini terlihat mirip dengan stretch mark, hanya saja warnanya ungu kebiruan dan bisa membesar dan menyebabkan penyumbatan aliran darah.

Terakhir, Anda mungkin juga kehilangan hingga sepertiga dari rambut Anda. Tingginya kadar hormon selama kehamilan membantu pertumbuhan rambut. Tapi begitu kadar hormon Anda turun kembali normal, itu bisa menyebabkan kerontokan rambut.

YesDok Ads