6 Manfaat Matcha Bagi Kesehatan Tubuh

April 01, 2019 | Helmi

Matcha menjadi salah satu pilihan rasa dan topping favorit dari beragam makanan kekinian. Banyak yang beranggakan matcha adalah the hijau. Namu perlu diketahui bahwa keduanya bukan merupakan varian yang sama namun juga tidak jauh berbeda.

Baik matcha dan the hijau memiliki proses pertanian yang berbeda. Matcha dibuat dalam bentuk bubuk, bukannya daun.

Matcha yang polos (tanpa tambahan gula dan lainnya) ternyata memberikan banyak manfaat kesehatan. Tahukah Anda manfaat apa saja yang diberikan matcha pada tubuh kita? Berikut ini kami berikan pencerahan dari berbagai manfaat matcha:

Membuat Anda Tetap Terjaga

Matcha mengandung  kafein hingga tiga kali lebih banyak bila dibandingkan dengan teh. Jumlah tersebut hampir sama dengan secangkir kopi. Dengan adanya kandungan ini membuat matcha dapat membantu Anda agar dapat tetap terjaga lebih lama.

Menurut Pedoman Diet USDA untuk Amerika memang menyarankan untuk memiliki 300 hingga 400 miligram kafein per hari untuk memperlambat penurunan kognitif, meningkatkan daya ingat dan meningkatkan energi.

Meningkatkan Metabolisme

Salah satu manfaat yang ditawarkan matcha adalah meningkatkan metabolisme. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa kafein dan antioksidan yang terkandung dalam matcha dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, genetika seseorang juga memainkan peran yang cukup besar mendapatkan manfaat yang maksimal dari matcha untuk metabolisme Anda.

YesDok Ads

Menurunkan Berat Badan

Manfaat satu ini mungkin tak kalah menariknya. Matcha dapat Anda jadikan minuman pengganti dari minuman-minuman manis yang kerap Anda konsumsi. Dengan mengurangi minuman manis tentunya dapat membantu program Anda untuk menurunkan berat badan.

Mengurangi Resiko Kanker

Senyawa antioksidan yang terkandung dalam matcha dapat berguna untuk melawan kanker. Menambahkan matcha ke dalam menu diet Anda, akan lebih efektif untuk menurunkan peluang Anda terjangkit kanker.

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering minum teh tanpa pemanis lebih kecil kemungkinan untuk terserang penyakit kardiovaskular. Sebagai alternatif dari minuman manis, matcha juga dapat melawan penyakit kronis lain, salah satunya adalah obesitas.

Anti Penuaan

Selain meningkatkan metabolisme, kandungan yang dimiliki matcha dapat mengurangi radikal bebas dalam sel Anda, mencegah kerusakan jaringan pada kulit. Namun ini hanya memperlambat proses penuaan dan tidak bisa mencegah proses ini sama sekali.

YesDok Ads

Related Tags