Diet
+1

6 Manfaat Makan Buah di Pagi Hari

April 07, 2023 | Claudia

Manfaat Makan Buah Di Pagi Hari

Buah merupakan salah satu makanan sehat yang harus dikonsumsi secara rutin. Banyak orang menjadikan buah sebagai salah satu menu sarapan mereka, namun, benarkah ada manfaat makan buah di pagi hari?

Makan buah di pagi hari bisa terasa menyegarkan. Ini tentu lebih sehat dibandingkan Anda harus mengonsumsi gorengan sebagai menu sarapan Anda. Buah juga bisa menjadi sarapan yang ringan, sehingga tidak akan menyebabkan Anda mengantuk saat akan memulai aktivitas di pagi hari.

Manfaat Makan Buah Di Pagi Hari

Ada beberapa manfaat makan buah di pagi hari yang perlu Anda ketahui, berikut ulasannya:

Meningkatkan metabolisme

Makan buah adalah cara terbaik untuk memulai hari. Buah merupakan makanan yang mudah dicerna, sehingga cocok dikonsumsi di pagi hari, ketika Anda membutuhkan banyak energi untuk beraktivitas. Makan buah di pagi hari juga menyebabkan peningkatan laju metabolisme selama beberapa jam ke depan berkat masuknya gula buah alami.

Menyehatkan saluran cerna

Buah-buahan untuk sarapan membantu menyediakan enzim, serat, dan prebiotik yang baik untuk saluran cerna dan membuang sisa-sisa limbah di dalam perut. Serat buah membersihkan usus besar secara menyeluruh dan membuat perut terasa lebih ringan.

Membantu menurunkan berat badan

Buah-buahan memberikan nutrisi yang sangat baik untuk membersihkan racun berlebih dari usus. Makan buah secara rutin sepanjang hari, dapat membantu membuang racun dan membersihkan sistem dalam tubuh, yang membantu menurunkan berat badan.

YesDok Ads

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi buah utuh atau smoothie yang sehat tentu lebih baik daripada sarapan dengan gorengan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara menyeluruh dalam jangka panjang. Buah-buahan secara alami kaya akan vitamin dan antioksidan, yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit menular.

Memperkuat organ hati

Nutrisi dalam buah, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan, sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Ini sangat penting dalam mencegah penyakit kardiovaskular dan membuat jantung lebih sehat dan kuat.

Mengurangi perut kembung

Serat buah dapat membantu membuang limbah dari sistem pencernaan dan menghilangkan kembung pada perut bagian bawah. Buah padat air seperti semangka juga dapat bertindak sebagai diuretik alami untuk membuang kelebihan natrium. Setelah tubuh mengeluarkan garam, maka tubuh tidak akan memiliki kelebihan berat air.

Sangat penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Selain makan pagi dengan buah, mengonsumsi sayuran dan daging tanpa lemak juga perlu dilakukan, guna mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: eatthis.com)

YesDok Ads