6 Makanan Musuh Penderita Maag yang Wajib Dihindari

May 19, 2019 | Aqiyu

Perihnya sakit maag sangat menyiksa. Apalagi jika maag kronis, bukan hanya sakit yang luar biasa tetapi juga tubuh lemas tak bertenaga. Maag bisa kambuh kapan saja. Penyebab penyakit maag beragam, salah satunya adalah pola makan yang tidak teratur.

Bagi penderita maag sangat diwajibkan untuk menjaga asupan makanan setiap harinya. Penderita maag harus menghindari makanan yang dapat membuat maag kambuh dan merangsang asam lambung naik.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa makanan yang menjadi “musuh” penderita maag:

Makanan asam

Makanan asam sangat berbahaya bagi pengidap maag. Agar maag tidak kambuh usahakan untuk menghindari makanan asam, bukan hanya makanan dengan cita rasa yang asam tetapi juga buah-buahan yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi seperti buah jeruk, lemon, dan limau.

Makanan pedas

Kalau Anda adalah penggemar makanan pedas, sebaiknya Anda mulai menguranginya. Karena kabar buruknya makanan pedas dapat melukai lambung. Rasa pedas juga akan merangsang asam lambung lebih cepat naik.

Gorengan

YesDok Ads

Camilan yang digoreng atau makanan yang diolah dengan cara digoreng sejatinya amat berbahaya bagi penderita maag. Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh yang dapat memicu asam lambung dan iritasi pada lambung.

Daging lemak tinggi

Sebenarnya penderita maag masih diperbolehkan mengonsumsi daging asalkan bukan daging yang berlemak tinggi seperti sapi, kambing atau domba. Daging dengan kandungan lemak yang tinggi akan bertahan lama dilambung. Hal ini bisa menyebabkan refluks asam, kondisi asam lambung naik ke kerongkongan.

Makanan tinggi gula

Bukan hanya penderita diabetes, pengidap maag juga wajib menghindaru makanan yang mengandung gula tinggi seperti kue kering, roti, minuman manis, kue tart, dan cokelat. Makanan tinggi gula akan melukai dan membuat lambung iritasi.

Kafein

Meminun kopi setiap hari tidak diperbolehkan, apalagi jika Anda memiliki riwayat sakit maag. Kandungan kafein pada kopi dapat membuat asam lambung naik cepat. Untuk itu mengonsumsi kopi atau minuman yang mengandung kafein sangat tidak dianjurkan bagi penderita maag. 

(Foto: pixabay)

YesDok Ads