Diet
+1

6 Makanan antioksidan tinggi yang harus Anda sertakan dalam diet Anda

November 30, 2019 | Iman

Antioksidan merupakan senyawa atau zat yang diandalkan untuk mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas yang dapat menumpuk dan menginduksi stres oksidatif, sehingga meningkatkan risiko pengembangan penyakit jantung, kanker, penyakit tipe 2, dan penyakit kronis lainnya.

Berbagai jenis antioksidan dapat kita temukan dalam buah dan sayuran yang berbeda, dengan Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan akan membuat Anda tetap sehat dan bugar.

Berikut adalah 6 daftar makanan yang tinggi antioksidan seperti dilansir laman Times of India.

1. Cokelat Hitam

Banyak yang menganggap Cokelat tidak baik untuk kesehatan, tetapi justru sebaliknya dengan cokelat hitam. Cokelat hitam berkhasiat dan memiliki kandunga mineral dan antioksidan. Antioksidan dalam cokelat hitam ini mempunyai banyak manfaat kesehatan dan mengurangi risiko pengembangan penyakit kardiovaskular.

2. Blueberry

Buah satu ini meskipun rendah kalori tetapi kaya akan kandungan nutrisi dan antioksidan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa blueberry mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan dengan buah dan sayuran lainnya. Buah ini dapat menetralkan radikal bebas yang berbahaya sehingga dapat mengurangi peradangan.

YesDok Ads

3. Strawberry

Buah berwarna merah dan berair ini cukup populer dikonsumsi banyak orang dan juga memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan. Strawberry mengandung jenis antioksidan yang disebut anthocyanin yang berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

4. Kacang-kacangan

Kacang sangat mudah didapat dan cukup sehat karena Kaya akan serat dan antioksidan, sehingga kacang membuat Anda tetap sehat dan membantu pergerakan usus jadi lebih mudah. Masukkanlah kacang-kacangan dalam diet Anda karena dapat menekan pertumbuhan sel kanker di berbagai bagian tubuh.

5. Bayam

Salah satu sayuran berdaun hijau mempunyai kandungan padat nutrisi dan sarat akan vitamin, antioksidan, dan rendah kalori. Bayam adalah sumber yang kaya kandungan lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang berfungsi melindungi mata Anda dari sinar UV yang berbahaya.

YesDok Ads