6 Langkah Jitu Memulai Olahraga Lari

May 19, 2019 | Iman

Lari memang menjadi olahraga yang populer beberapa tahun belakang ini. Banyak hal yang membuat Anda termotivasi menggeluti olahraga lari. Mulai dari ingin miliki tubuh ideal, dekat dengan seseorang, atau terinspirasi atlet idola. Faktanya, keadaan di lapangan justru berbeda. Rasa malas bisa saja timbul yang membuat diri sulit berkembang. Dilansir dari laman Runners World, beberapa cara berikut bisa memotivasi Anda tuk terus berlari. 

Hanya Memulainya
Seperti tagline dari brand olahraga ternama "Just do It". Ya, untuk memulai sesuatu hanya perlu segera melakukannya tanpa mencari-cari alasan. “Hal terbesar ketika Anda memulai adalah membangun kebiasaan dan membiasakan diri dengan kaki Anda,” kata Matthew Meyer, pelatih lari bersertifikat dan di New York Meyer mengatakan sebagai pemula cobalah menggunakan treadmill selama 20 menit, jika diri sudah kuat maka naikan durasinya perlahan secara bertahap. Investasikan waktu berlatih rutin Anda setiap pekannya. 

 
Coba Berjalan Cepat
Ketahuilah tidak ada olahraga yang tidak melelahkan dan menguras keringat. Lari dengan durasi yang lama bisa saja membuat diri jenuh dan lelah. Siasati dengan berjalan cepat perlahan, jangan benar-benar berhenti ketika diri merasa lelah. 


Pelajari Teknik Dasar
Cari tahu tentang istilah-istilah dalam dunia lari. Lari ABC drills, pemanasan dinamis, dan pendinginan statis mungkin hal yang wajib diaplikasikan saat belajar. Jangan sungkan bertukar pikiran dengan komunitas atau teman yang sudah lebih dulu menggeluti olahraga tersebut. 

YesDok Ads


Eksplore Tempat Baru
Sebagai pelari rekreasi atau urban,berlatih di perkotaan merupakan tantangan karena tempat latihan yang terbatas. Cobalah eksplorasi berlari menjelajah tempat-tempat baru di sekitar agar tidak mudah bosan. 


Berani Ber-progres
"Ketika Anda nyaman berlari 20 hingga 30 menit dengan nafas yang ringan, maka sudah saatnya naik ke level berikutnya," kata Meyer. Tentukan target kilometer mingguan Anda, lalu berapa kali mampu latihan dari target tersebut, dan lalukanlah konsisten selama sebulan penuh. 


Jangan Berkecil Hati
Sukses tidak hadir dalam satu malam. Sabarlah dalam berproses, karena tidak ada yang instan. Jangan berkecil hati jika melihat teman lebih cepat berkembang, fokuslah pada target diri sendiri.

(foto: runtastic)

YesDok Ads