6 Gejala Kanker Ovarium yang Sering Dianggap Biasa

December 29, 2019 | Aqiyu

Wanita sakit kanker ovarium

Kanker ovarium bisa menyerang setiap wanita. Bahkan jika penyakit ini menyerang jarang diketahui dari awal karena terkadang gejala yang muncul biasa saja. Karena kanker ovarium tidak terdeteksi sampai telah menjalar ke perut dan panggul.

Meski begitu sebenarnya ada tanda-tanda awal yang perlu dicurigai mengenai kanker ovarium. Berikut tandanya:

Buang air kecil

Jika Anda sering kali ingin buang air kecil dan tidak tertahankan hal ini wajib dicurigai. Karena perubahan kebiasaan kandung kemih, termasuk kebutuhan sering buang air kecil bisa menjadi tanda kanker ovarium.

Sembelit

Selain perubahan pada kandung kemih, perubahan buang air besar seperti sembelit sering dialami oleh wanita dengan kanker ovarium. Namun kasus sembelit pada penderita kanker ovarium sulit disembuhkan. Bahkan bisa menimbulkan pembengkakan pada perut dan siklus menstruasi tidak teratur.

Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan pada penderita kanker ovarium biasanya meliputi rasa sakit perut yang datang tiba-tiba tanpa sebab. Selain itu, perut bergas serat disertai dengan mual.

YesDok Ads

Perut begah

Salah satu gejala kanker ovarium adalah perut terasa begah atau penuh. Penderita juga akan mudah kenyang padahal baru makan sedikit. Perut juga akan terasa seperti tertekan dan terjadi peningkatan ukuran lingkar perut. Hal ini sering terjadi pada penderita kanker ovarium.

Sakit panggul dan perut

Penderita kanker ovarium akan menrasakan sakit yang luar biasa parah dibagian panggul dan perut. Ketidaknyamanan pada panggul bagian bawah akan berlangsung sangat lama dan menimbulkan masalah serius.

Kehilangan napsu makan

Selain mudah kenyang, penderita kanker ovarium juga akan mengalami kehilangan napsu makan. Sehingga hal ini berdampak buruk bagi berat badan karena asupan makanan tidak sesuai dengan kebutuhan.  

(Foto: insider)

YesDok Ads