6 Cara Jaga Kesehatan Mental

January 09, 2020 | Claudia

Kesehatan mental

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Oleh karena itu, Anda juga diharuskan untuk menjaga kesehatan mental Anda. Persepsi kesehatan tubuh yang baik tak hanya terbatas pada seberapa optimal fungsi tubuh Anda, melainkan juga seberapa bahagia dan seberapa stabil emosi Anda.

Menurut WHO, orang dengan gangguan kesehatan mental meninggal 10 hingga 20 tahun lebih awal daripada mereka yang tidak mengalami gangguan kesehatan mental. Ini juga disebabkan karena angka bunuh diri yang tinggi pada orang-orang dengan gangguan kesehatan mental. Ini semua menunjukkan betapa pentingnya kesehatan mental bagi kesejahteraan psikologis seseorang.

Untuk membantu menjaga kesehatan mental Anda tetap baik, berikut kami bagikan tipsnya untuk Anda:

1. Pahami dan terima kondisi kesehatan mental Anda

Banyak orang tidak mau menerima kenyataan bahwa mereka memiliki semacam gangguan mental. Ini semua juga akibat dari tekanan sosial yang menganggap bahwa orang dengan gangguan mental berarti sudah kehilangan akalnya. Langkah pertama untuk menjaga kesehatan mental Anda adalah dengan menerima fakta ini tanpa rasa takut dan belajar untuk memahami penyebabnya. Saat Anda sudah berdamai dengan kesehatan mental Anda, ini akan sangat membantu dalam menemukan solusi terbaik untuk masalah kesehatan mental Anda dan menyelesaikannya sebelum terlambat.

2. Sibukkan pikiran Anda

Depresi sering membuat seseorang merasa sangat kesepian dan selalu ingin menyendiri tanpa ingin berhubungan dengan orang lain. Mengalihkan pikiran ke hal-hal yang Anda sukai seperti menonton film, bermain gim favorit atau melakukan hobi baru adalah cara terbaik untuk mengelola masalah kesehatan mental Anda. Ini membantu menjaga pikiran Anda tetap sibuk dan menyalurkan stres pada hal-hal yang bisa membuat Anda lebih senang dan tenang.

3. Bicarakan kesehatan mental dengan orang lain

YesDok Ads

Cara terbaik untuk mengatasi masalah kesehatan mental adalah dengan membicarakan masalah tersebut ke orang-orang terdekat atau bahkan ke profesional. Mengekspresikan dan membagikan emosi yang Anda rasakan kepada teman dan keluarga dapat membantu melepaskan stres dan menenangkan pikiran. Semakin Anda berinteraksi dan berbagi masalah dengan orang lain, semakin Anda bisa menyingkirkan perasaan-perasaan yang menyiksa Anda dari dalam.

4. Jangan lupa tidur

Banyak orang begitu sibuk dengan kesibukan dan pekerjaan mereka, sehingga mereka lupa atau malas untuk tidur. Kurang tidur dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang buruk, kurang konsentrasi, dan masalah kesehatan lainnya. Tidur nyenyak setidaknya 7 jam untuk menjaga kesehatan mental Anda.

5. Pilihlah makanan yang sehat

Kualitas makanan dan pilihan makanan sangat memengaruhi kesehatan mental kita. Saat ini, banyak orang dewasa muda menghadapi gejala kesehatan mental akibat konsumsi junk food yang berlebihan. Untuk mengatasinya, konsumsi makanan yang penuh nutrisi untuk membantu menjaga kesehatan otak kita. Tingkatkan konsumsi sayuran dalam menu sehari-hari Anda.

6. Berolahraga

Pikiran yang sehat berbanding lurus dengan tubuh yang sehat. Para peneliti mengatakan bahwa olahraga adalah cara terbaik untuk melepaskan stres yang kita rasakan. Berolahraga setiap hari membuat kita tetap bugar secara fisik serta membantu sekresi hormon bahagia yang disebut dopamin.

(Foto: businessinsider.my)

YesDok Ads