Sexuality
Adult
+1

6 Alasan Payudara Sering Merasa Gatal

August 09, 2021 | Iman

Bra

Apakah Anda sering mengalami gatal-gatal di sekitar payudara Anda? Jika ya, Anda harus segera memberi perhatian ekstra.

Ada berbagai alasan mengapa payudara Anda gatal dan merah. Meskipun gatal bukanlah masalah besar, masalah ini terkadang cukup menggangu aktivitas harian. Berikut adalah beberapa alasan utama di balik payudara gatal.

Tidak mencuci bra secara teratur

Tidak mencuci bra secara teratur dapat menyebabkan iritasi kulit. Jika Anda memiliki luka pada sekitar payudara, itu bisa menyebabkan infeksi jika bergesekan karena bakteri. Cuci bra Anda secara teratur. Jika Anda berolahraga memakainya, cucilah dengan air hangat untuk menghilangkan kotoran dan keringat.

Salah memilih bra

Kain bra yang kurang baik juga dapat menyebabkan iritasi kulit. Bra dibuat dengan semua jenis kain dan beberapa bisa sangat gatal untuk payudara Anda. Pastikan ukuran, bahan, dan bentuk bra Anda pas dengan Anda. Jadi, berhati-hatilah dan luangkan waktu dalam memilih bra yang tepat.

Terbakar sinar matahari

YesDok Ads

Payudara Anda sensitif terhadap sinar matahari dan dapat menyebabkan iritasi kulit. Ruam panas yang disebabkan oleh sinar matahari juga dapat menyebabkan rasa gatal pada payudara. Hindari berjemur terlalu lama untuk mengatasi masalah kulit.

Menggunakan sabun yang salah

Menggunakan sabun yang keras untuk mandi dan deterjen untuk cucian juga dapat menyebabkan iritasi kulit. Pilih sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Identifikasi zat yang menyebabkan alergi Anda dan hindari. Jemur bra Anda di bawah sinar matahari meskipun sudah benar-benar kering di mesin cuci.

Kehamilan atau menyusui

Kehamilan diikuti dengan menyusui, yang mengubah bentuk dan ukuran payudara dan selanjutnya menyebabkan payudara dan puting terasa gatal. Proses menyusui menyebabkan kulit kering dan teriritasi serta puting pecah-pecah dan berdarah. Mengenakan bra yang tepat dan melembabkan kulit dapat membantu.

Eksim

Eksim adalah kondisi kulit kronis yang dapat menyebabkan peradangan serta kulit kering dan gatal.  Kondisi itu bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, termasuk payudara.

YesDok Ads