5 Tren Kesehatan yang Perlu Dihindari dengan Bijak

July 26, 2020 | Iman

Minuman olahraga

Kesehatan adalah hal setiap orang. Banyak dari mereka rela melakukan berbagai cara untuk sehat. Dari berolahraga hingga makanan sehat, semuanya berperan mendukung gaya hidup sehat.

Beberapa dekade belakangan ini  kita dihebohkan dengan tren makanan dan minuman kesehatan. Sayangnya, tren makanan yang diklaim sehat tersebut tidak semuanya baik. Ada juga dampak buruk jika Anda konsumsi berlebih. Berikut makanan sehat yang perlu Anda hindari.

1. Jus Detoks

Jus detoks mungkin tampak sempurnya jika Andaingin membuang racun dalam tubuh, akan tetapi perlu juga dipikirkan kembali kegunaannya. Saat mengikuti tren kesehatan ini, Anda bisa membuat tubuh Anda kelaparan akan serat penting yang dibutuhkan untuk membuat Anda kenyang selama berjam-jam. Tren ini baiknya tidak dijalankan terus menerus, sebab hati dan ginjal Anda sudah berperan secara otomatis menetralkan racun tubuh. 

2. Kopi Anti Peluru

Minuman ini pertama kali menjadi populer di kalangan pendaki gunung, yang mana mereka percaya jika menambahkan sejumlah lemak dapat membantu mereka mempertahankan energi mereka untuk waktu yang lebih lama. Masalahnya dengan kopi tersebut adalah kopi tanpa serat, protein dan didukung nutrisi penting lainnya, yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan yang sehat. Selain itu, mengonsumsi lemak jenuh dalam jumlah berlebihan bisa berbahaya bagi orang yang menderita masalah jantung. 

3. Diet Bebas Gluten

YesDok Ads

Diet bebas gluten cukup berlebihan dan hanya baik untuk orang yang menderita intoleransi gluten. Selebihnya, itu benar-benar tidak bermanfaat bagi penderita masalah lain. Mengurangi gluten dari konsumsi harian Anda dapat menyebabkan keluhan pencernaan dan kondisi peradangan. Selain itu dapat menyebabkan kekurangan beberapa nutrisi dalam tubuh.

4. Produk Arang Aktif

Dalam beberapa tahun terakhir, produk berbahan zat arang aktif atau charcoal banyak beredar di pasaran. Para ahli menyarankan perlunya pembatasan penggunaan zat ini karena arang aktif mengandung zat-zat yang dapat mengganggu penyerapan vitamin dan mineral dalam tubuh. Selain itu, mereka bahkan dapat mengganggu khasiat obat-obatan Anda.

5. Minuman Olahraga

Jika Anda berpikir minuman olahraga itu sehat, maka Anda berpikir ulang saat ini. Minuman penuh warna-warni dan menggoda dengan rasanya ini ternyata penuh dengan gula. Mengonsumsinya secara berkala dapat menyabotase tujuan penurunan berat badan Anda. Air putih adalah yang terbaik untuk memberi energi di antara sesi latihan Anda. Minuman olahraga memang mengandung elektrolit yang mengkompensasi hilangnya kalium dan natrium selama sesi latihan, tetapi diluar sesi tersebut hindarilah mengonsumsinya berlebihan.

 

(Foto: self.com)

YesDok Ads