0 Point
stress

5 Tips untuk Mengatasi Cemas Ketika Kembali Bekerja ke Kantor

Setelah banyak orang beradaptasi dengan pola work from home, pandemi yang berkembang ke arah lebih baik membuat banyak orang mulai kembali ke kantor. Namun kondisi ini ternyata juga memicu stres dan kecemasan.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh McKinsey, 1 dari 3 karyawan mengatakan bahwa kembali bekerja memiliki dampak negatif pada kesehatan mental mereka, membuat mereka cemas dan depresi.

“Kecemasan sosial mungkin menjadi alasan utama banyak orang gugup untuk kembali ke kantor,” kata Naomi Torres-Mackie, PhD, psikolog klinis di Lenox Hill Hospital dan kepala penelitian di Mental Health Coalition.

“Terhubung melalui Zoom sangat berbeda dari terhubung secara langsung, dan dua tahun setelah pandemi, kita semua agak berkarat dalam hal keterampilan sosial kita,” katanya.

Kecemasan COVID-19 yang berkepanjangan dan ketakutan akan sakit juga sebagian yang harus disalahkan.

“Dengan pedoman dan situasi yang berubah setiap hari, mungkin sulit untuk merasa aman bahwa pandemi cukup stabil sehingga aman untuk kembali bekerja secara langsung,” kata Torres-Mackie.

Perubahan itu sendiri tidak pernah mudah. Misalnya, sebelum pandemi kebanyakan orang terbiasa meninggalkan rumah dan pergi ke tempat kerja mereka. 

Namun, pandemi memaksa banyak pekerja untuk menyesuaikan diri dengan pekerjaan jarak jauh. Dan sekarang, kembali ke kantor adalah penyesuaian lain.

“Bahkan penyesuaian positif bisa jadi sulit. Ada kenyamanan psikologis dalam rutinitas, dan ketika rutinitas menjadi terbalik, itu dapat memicu kognisi cemas, perasaan khawatir dan gelisah, dan suasana hati yang rendah, ”kata Torres-Mackie.

Selain itu, kembali ke lingkungan kerja yang negatif dapat memicu stres, kata Natasha Bowman, JD, pendiri Bowman Foundation for Workplace Equity and Mental Wellness.

"Saat bekerja dari rumah, banyak yang menganggap tempat 'aman' bebas dari politik kantor, agresi mikro, budaya kerja beracun, dan tekanan untuk menyesuaikan diri dengan 'budaya perusahaan'," kata Bowman.

Jika kembali ke kantor membuat Anda stres, simak tips dari pakar kesehatan berikut ini untuk membantu meringankan stres dan kecemasan Anda.

Terima kecemasan Anda

Karena kecemasan cenderung menjadi lebih buruk ketika Anda menolaknya, Torres-Mackie mengatakan menerima perasaan Anda dapat membantu memprosesnya.

“Jika Anda dapat menerima bahwa Anda mengalami perasaan yang sulit dan menormalkannya untuk diri sendiri — banyak orang merasa stres untuk kembali ke kantor — maka Anda mungkin akan menemukan bahwa perasaan sulit mulai berkurang intensitas dan frekuensinya,” ujarnya.

Natalie Christine Dattilo, PhD, psikolog kesehatan klinis, mengatakan yang terbaik adalah menahan keinginan untuk menganggap ada sesuatu yang salah dengan Anda jika Anda merasa cemas, khawatir, atau gugup.

Secara bertahap ekspos diri Anda pada pekerjaan di kantor

Jika Anda diberi pilihan tentang seberapa banyak Anda bekerja di kantor, pertimbangkan untuk memulai dengan beberapa hari dalam seminggu dan tambahkan lebih banyak hari saat Anda sudah mulai dapat menyesuaikan.

“Ketakutan paling baik dipadamkan dengan langkah-langkah kecil dan lambat menuju melakukan hal yang paling membuat Anda takut. Anda dapat melakukan ini dengan masuk hanya untuk beberapa jam sehari untuk sementara waktu atau dengan melakukan uji coba di luar hari kerja untuk pergi ke kantor, ”kata Torres-Mackie.

Tetapkan rutinitas

Saat Anda kembali ke pekerjaan di kantor, cobalah untuk konsisten. Misalnya, kata Bowman, putuskan hari dan jam berapa Anda akan berada di kantor, dan rencanakan pekerjaan Anda di sekitar itu.

“Memiliki rutinitas yang teratur dapat membantu mengurangi stres dan membuat transisi kembali ke kantor lebih mudah,” katanya.

Buat daftar tugas

Luangkan waktu ketika Anda bangun di pagi hari atau sebelum tidur untuk membuat daftar tugas dan tenggat waktu yang harus dilakukan.

“Tetap teratur dan di atas segalanya akan membantu mengurangi perasaan stres dan kewalahan selama periode penyesuaian ini. Ini juga akan membantu Anda memprioritaskan waktu dan upaya Anda saat mengkalibrasi ulang,” kata Dattilo.

Latih aktivitas penghilang stres

Saat Anda menyesuaikan diri untuk kembali, Torres-Mackie menyarankan penjadwalan aktivitas yang Anda sukai dan menghilangkan stres di awal dan akhir hari kerja Anda.

“Ini berarti Anda akan memiliki kesempatan untuk menerima stres antisipatif di pagi hari sebelum bekerja dan stres sisa yang Anda bawa pulang setelah bekerja,” katanya.

“Istirahatkan pikiran Anda dan untuk bangun dan bergerak. Mengambil beberapa menit dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan fokus Anda,” jelasnya.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok