5 Tips Sehat Jalani Kehamilan

June 23, 2020 | Claudia

Hamil

Kehamilan menjadi salah satu fase paling penting dan membahagiakan dalam hidup seorang perempuan. Saat mengalami kehamilan, seorang perempuan harus berbagi tubuh dan nutrisi dengan manusia lain dalam tubuhnya.

Inilah yang membuat ibu hamil sangat penting untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuhnya. Baik dari melakukan gaya hidup yang sehat, sampai mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, semua harus dilakukan demi kesehatan dirinya dan bayi dalam kandungannya. Jika semua ini tercukupi dengan baik, maka pertumbuhan janin dalam kandungan bisa berlangsung optimal.

Bagi Anda yang kini tengah menjalani masa kehamilan, atau malah baru merencanakan kehamilan, coba ikuti tips untuk tetap sehat selama masa kehamilan berikut ini:

Tingkatkan konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayuran sangat penting untuk dikonsumsi, terlebih selama masa kehamilan. Buah dan sayuran mengandung nutrisi yang baik untuk pertumbuhan bayi dalam kandungan. Ini juga memastikan ibu hamil tetap sehat selama masa kehamilan.

Tidur yang cukup

Istirahat merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh ibu hamil. Meskipun saat perut bertambah besar maka ketidaknyamanan saat tidur akan semakin terasa, namun Anda tetap harus mencoba untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Jika tidur dalam posisi telentang menyiksa Anda, coba tidur dalam posisi menyamping agar lebih nyaman.

YesDok Ads

Minum lebih banyak air

Selama kehamilan, tubuh harus tetap terhidrasi dengan baik. Karena jika ibu hamil mengalami dehidrasi, ini akan berbahaya bagi janin dalam kandungannya. Bawalah sebotol air minum ke manapun Anda pergi. Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai air putih, coba tambahkan irisan lemon atau stroberi ke dalam air minum Anda untuk menambah kesegaran. Anda juga bisa meminum jus buah sebagai alternatif untuk menghidrasi tubuh.

Konsumsi zat besi

Memenuhi kebutuhan zat besi sangat penting saat masa kehamilan. Ibu hamil yang kekurangan zat besi, bisa mengalami anemia yang dapat membahayakan bayi dalam kandungan. Pastikan Anda mengonsumsi makanan tinggi zat besi seperti daging merah tanpa lemak, sayuran hijau, kuning telur, daging ayam, kacang-kacangan, dan lain-lain. Selain itu, mengonsumsi suplemen zat besi yang diresepkan dokter juga harus dilakukan secara teratur. Pastikan juga Anda mengonsumsi makanan tinggi vitamin C seperti jeruk dan lemon. Ini karena vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi yang lebih baik ke dalam tubuh.

Olahraga

Siapa bilang ibu hamil tak bisa olahraga? Justru saat menjalani masa kehamilan, tubuh harus tetap aktif bergerak. Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda mengenai olahraga apa saja yang aman untuk Anda jalani selama masa kehamilan.

(Foto: wideinfo.org)

YesDok Ads