5 Tips Sederhana untuk Menurunkan Tekanan Darah Anda

August 08, 2022 | Iman

5 Tips Sederhana untuk Menurunkan Tekanan Darah Anda

Jika tekanan darah Anda berada di kisaran 130/80, penurunan tekanan darah Anda  dapat membantu melindungi Anda dari serangan jantung, stroke, penyakit ginjal, penyakit mata, dan bahkan penurunan kemampuan kognitif. 

Tujuan dari ketentuan baru batas hipertensi ini adalah untuk mendorong Anda mengobati tekanan darah tinggi Anda  secara serius dan untuk mengambil tindakan menurunkannya, terutama menggunakan intervensi perubahan gaya hidup.

"Diketahui perubahan gaya hidup dapat menurunkan tekanan darah seperti halnya manfaat pil, dan bahkan kadang-kadang lebih," kata Dr Fisher.

Berbagai tantangan dihadapi dalam membuat perubahan gaya hidup sehari hari agar lebih sehat. Banyak wanita telah terbangun di pagi hari berkomitmen untuk diet makan sehat namun tergoda oleh piring kue di atas meja di kantor atau tergiur untuk makan di luar dengan teman-teman.

Perubahan kecil untuk menurunkan tekanan darah Anda

Anda tidak perlu drastis mengubah ritme kehidupan Anda sehari-hari untuk membuat perbedaan dalam tekanan darah Anda. Berikut adalah enam tips sederhana untuk tindakan yang dapat dilakukan dalam  membantu mendapatkan tekanan darah Anda kembali ke kisaran normal.

1. Menurunkan berat badan

Cara yang paling efektif mengurangi tekanan darah tinggi adalah untuk menurunkan berat badan, kata Fisher. Dan Anda tidak perlu secara berlebihan  menurunkan berat badan. Bahkan penurunan berat badan  sedikitnya 10 pounds dapat menurunkan tekanan darah Anda.

2. Baca label dalam kemasan

YesDok Ads

Orang Amerika makan terlalu banyak makanan mengandung natrium, hingga tiga kali jumlah yang disarankan total, sekitar 1.500 miligram (mg) setiap hari untuk individu dengan tekanan darah tinggi, kata Dr Fisher. 

Mengurangi jumlah asupan natrium dibawah 1.500-mg sehari-hari-atau setara 3/4 sendok teh garam akan membantu. Banyak makanan dalam kemasan dengan jumlah natrium yang tinggi. Kita perlu menyaring makanan tinggi-natrium dengan cara membaca label secara cermat agar lebih berhati hati mengonsumsinya. 

3. Aktif  bergerak

Tidak perlu banyak latihan dalam keseharian untuk membuat perbedaan dalam kesehatan Anda. Lakukan aktifitas fisik paling tidak setengah jam setiap hari  setidaknya lima hari dalam seminggu. "Pastikan Anda melakukan aktifitas  yang Anda suka, atau bisa juga latihan yang berbeda," kata Fisher. "Bisa menari/berdansa; dapat juga aktifitas lainnya seperti bersepeda atau mencoba jalan cepat  dengan seorang teman." Bahkan kegiatan berkebun sehari-hari dapat membantu.

4. Latihan Beban

"Tambah beberapa latihan beban  pada olahraga Anda untuk membantu menurunkan berat badan dan supaya tetap fit. Seiring bertambahnya usia perempuan kehilangan massa otot dan olahraga dengan beban sering diabaikan bagi kebanyakan perempuan, "kata Fisher.

5. Batasi alkohol 

Minum terlalu banyak, terlalu sering, dapat meningkatkan tekanan darah Anda, jadi batasi konsumsi alkohol.

(Foto: online first aid)

YesDok Ads