5 Tips Perawatan Rambut Pria yang Praktis dan Penuh Manfaat

August 30, 2022 | Claudia

Tips Perawatan Rambut Pria

Merawat rambut seharusnya tak hanya menjadi tugas wanita, namun juga pria. Pasalnya, mendapatkan rambut yang sehat tentu membawa banyak manfaat, termasuk pada pria. Adakah tips perawatan rambut pria yang efektif membuat rambut lebih sehat?

Tak hanya rambut wanita, rambut pria pun bisa mengalami sejumlah masalah, misalnya ketombe, dan rambut rontok. Untuk itu, perawatan diperlukan, agar masalah-masalah seperti ini dapat diatasi dengan baik.

Berikut tips perawatan rambut pria yang bisa Anda lakukan di rumah:

Pilih sampo sesuai masalah

Sudah banyak produk sampo yang dibuat khusus untuk merawat berbagai jenis rambut pria. Meski begitu, Anda jangan asal pilih dan pakai produk sampo. Pastikan Anda memilih produk sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda, dan sekaligus bisa mengatasi masalah rambut dan kulit kepala yang Anda alami.

Jangan lupakan conditioner

Saat berkeramas, jangan hanya mengandalkan produk sampo, penggunaan conditioner pun tak kalah penting. Conditioner sangat penting, terutama untuk pria dengan jenis atau masalah rambut kering. Conditioner befungsi untuk melembapkan, menghaluskan, dan membuat rambut lebih mudah diatur. Penting untuk dicatat bahwa Anda sebaiknya tidak mengoleskan conditioner ke kulit kepala, cukup oleskan pada batang-batang rambut, dan diamkan selama 1–3 menit sebelum dibilas.

Jangan terlalu sering keramas

YesDok Ads

Berkeramas terlalu sering tidak disarankan. Mungkin Anda berpikir sering-sering keramas bisa menjaga rambut tetap bersih, sayangnya, melakukan hal ini hanya akan membuat rambut kehilangan kelembapan alaminya. Hasilnya, rambut akan menjadi lebih kering dan bahkan tampak kusam.

Keramas memang diperlukan untuk membersihkan rambut dari segala kotoran yang bisa menyebabkan masalah. Namun, Anda disarankan untuk berkeramas hanya sekitar 2–3 kali dalam seminggu, sehingga kelembapan alami rambut tetap terjaga dengan baik.

Jangan menggosok rambut dengan handuk

Bagaimana cara Anda mengeringkan rambut usai berkeramas juga berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Jika Anda terbiasa untuk menggosok-gosok rambut sampai kering usai berkeramas, maka sebaiknya Anda tinggalkan kebiasaan ini. Menggosok rambut dengan handuk berisiko merusak lapisan luar rambut, sehingga rambut menjadi kering dan mudah rontok.

Hindari terlalu banyak penggunaan produk rambut

Banyak produk penataan rambut yang sering digunakan oleh pria, misalnya saja gel rambut atau pomade. Boleh-boleh saja memang memakai produk penata rambut ini, namun Anda harus perhatikan intensitas dan jumlah produk yang Anda gunakan. Jangan terlalu berlebihan saat menggunakan produk-produk ini, karena berpotensi menyebabkan masalah, salah satunya adalah merusak folikel rambut dan menyebabkan kebotakan.

Selain itu, terlalu banyak menggunakan produk penata rambut ini juga bisa menyebabkan masalah ketombe, jika Anda tidak rutin mencuci rambut dengan baik dan benar. 

(Foto: maximonline.com)

YesDok Ads