0 Point
kulit kepala

5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Kesehatan kulit kepala Anda menentukan kesehatan rambut Anda. Kulit kepala mengandung sekitar 100.000 folikel, menurut American Academy of Dermatology Association.

Seperti biji yang menumbuhkan pohon, setiap folikel mengandung sehelai rambut yang tumbuh. Folikel juga menghasilkan sebum, atau minyak, yang membantu menjaga kelembapan kulit kepala dan melindungi kulit dari infeksi.

Sebuah folikel rambut masuk jauh ke dalam kulit kepala dan memiliki microbiomeTrusted Source sendiri. Kulit kepala juga memiliki mikrobioma. Gangguan keseimbangan mikrobioma kulit kepala telah dikaitkan dengan ketombe, dermatitis seboroik (suatu kondisi yang menyebabkan ketombe).

Masalah kulit kepala seperti ketombe, dermatitis seboroik, dermatitis atopik, dan psoriasis terkait dengan rambut kasar, kerusakan rambut, dan penurunan kilau rambut. Selain itu, kesehatan kulit kepala yang buruk terkait dengan kondisi ini juga dapat menyebabkan kerontokan rambut dini.

Beberapa perubahan sederhana pada perawatan rambut Anda dapat membuat perbedaan besar bagi kesehatan kulit kepala Anda. Berikut beberapa tips untuk menjaga kulit kepala tetap sehat.

Gunakan produk perawatan rambut yang lembut

Menghindari produk yang mengandung sulfat, alkohol, atau wewangian dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala Anda. Sulfat menghilangkan minyak alami di rambut Anda dan menghilangkan sel kulit mati, yang membuat kulit kepala kering dan rentan terhadap iritasi.

Menggunakan produk yang mengandung alkohol dan wewangian menghilangkan kelembapan dari rambut Anda. Ini akan membuat rambut Anda terasa kering, dan rusak.

Selain itu, hindari produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia keras dan perawatan rambut seperti pewarna dan pemutih. Ini dapat menyebabkan kerusakan pada batang rambut dan kulit kepala.

Keramas dengan lembut

Daripada menggosok kulit kepala saat keramas, memijatnya mungkin lebih baik. Keramas kepala Anda dengan lembut dan jangan menggosoknya dengan kasar.

Jangan Terlalu Sering Keramas

Keramas terlalu sering akan menghilangkan minyak alami. Pada gilirannya, kulit kepala Anda dapat menghasilkan lebih banyak minyak untuk menjaganya tetap terhidrasi, menghasilkan rambut yang tampak berminyak.

Konsumsi suplemen omega-3

Meskipun bukti ilmiah tidak substansial, banyak yang percaya bahwa mengonsumsi suplemen minyak ikan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Dalam sebuah studi tahun 2015, wanita dengan rambut menipis mengonsumsi suplemen minyak ikan (juga mengandung nutrisi lain) atau plasebo. Mereka yang mengonsumsi minyak ikan selama 90 hari melaporkan peningkatan pertumbuhan dan kekuatan rambut.

Dalam studi tahun 2015 lainnya, wanita dengan pola rambut rontok wanita yang mengonsumsi suplemen yang mengandung omega-3, omega-6, dan antioksidan selama 6 bulan mengalami peningkatan kepadatan rambut dan penurunan rambut rontok.

Makan lebih banyak antioksidan

Stres oksidatif terjadi ketika jumlah radikal bebas yang merusak di dalam tubuh melebihi jumlah antioksidan yang bermanfaat. Stres oksidatif tidak hanya dapat menyebabkan kondisi kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker, tetapi juga diyakini memengaruhi kesehatan kulit kepala dan menyebabkan rambut rontok.

Sumber antioksidan terbaik adalah buah dan sayuran. Bertujuan untuk makan berbagai produk untuk mendapatkan berbagai macam antioksidan yang ditemukan di alam. Masing-masing memiliki manfaat yang berbeda, dan manfaat tersebut melampaui rambut Anda.

(Foto: Shape Magazine)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok